glory propertinews

Sampai Kapan Aksi Demo Kenaikan UMR

03-10-2014 | 07:54 WIB

Oleh : Sembodo Cahyanto Kunto *)

UPAH Minimum Regional (UMR) atau dikenal dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) adalah upah minimum yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan untuk membayar jasa seorang buruh. Upah minimum didasarkan pada penghitungan standar hidup layak seorang buruh yang memiliki masa kerja 0 hingga 12 bulan.

Meneropong Nasib Kepala Daerah Pasca Ketok Palu UU Pilkada

02-10-2014 | 08:44 WIB

Oleh: Datuak Alat Tjumano *)

SEBAGAIMANA diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, wilayah kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah provinsi dan daerah provinsi  dibagi lagi atas daerah kabupaten dan kota, yang masing-masing sebagai daerah otonomi. Sebagai daerah otonomi, daerah provinsi, kabupaten dan kota memiliki pemerintahan daerah yang melaksanakan, fungsi-fungsi pemerintahan daerah, yakni Pemerintahan Daerah dan DPRD.  

UU Pilkada, Memurnikan Pancasila atau Memurnikan Konflik Kepentingan

26-09-2014 | 17:38 WIB

Oleh: Alif Kamal*

PERDEBATAN banyak pihak terhadap RUU Pilkada yang telah sah menjadi UU dalam beberapa minggu terkhir telah membuahkan hasil dengan kemenangan Koalisi Merah Putih, dalam artian Pemilihan Kepala Daerah nantinya akan dikembalikan kepada DPRD. Sejak dirumuskan oleh Pemerintah lewat Kementrian Dalam Negri, UU Pilkada terus menuai banyak dukungan, namun tidak sedikit pula yang menyatakan protesnya terhadap UU ini.

Penangkapan 2 Jurnalis Asing, Langkah Preventif

23-09-2014 | 08:36 WIB

Oleh: M Suparto Yudho *)

INDONESIA merupakan negara berdaulat dengan teritorial yang terdiri dari 17.508 gugusan pulau baikpulau-pulau kecil maupun pulau besar. Semua pulau itu dipisahkan oleh wilayah perairan seluas 3,2juta km2. Hal ini membuat potensi kunjungan orang asing ke Indonesia melalui berbagai akses semakin besar. 

Pancasila Benteng Generasi Muda

19-09-2014 | 10:51 WIB

Oleh : Herni Susanti *

Pergaulan bebas untuk kalangan remaja saat ini sulit ditekan, hal ini disebabkan karena kurangnya peran dari Pemerintah Daerah (Pemda), orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar dalam memberikan nilai-nilai keagamaan. Pendidikan dan pembinaan agama untuk generasi muda, selama ini hanya didapatkan di sekolah dan sebatas ibadah ritual tanpa ada pengaitan dengan aturan agama yang lebih sempurna. Pergaulan bebas banyak dipengaruhi oleh pendidikan sekuler yang menghasilkan individu yang liberal, remaja yang materalis, hedonis atau (mengagungkan kebebasan). 

Sosmed, Antara Ruang Publik dan Pribadi

16-09-2014 | 09:41 WIB

Oleh : Rika Prasatya *

PERKEMBANGAN teknologi telokomunikasi dan informatika telah melahirkan banyak sosial media (Facebook, Twitter, Path, instagram dll). Sosial media (Sosmed) ini memberikan kemudahan berekspresi bagi setiap penggunanya namun tidak semua penggunanya dapat memahami arti kebebasan yang dimiliki di dunia maya.

Pewadahan Rakyat vs Pewadahan Elite

27-08-2014 | 08:34 WIB

Oleh: Alif Kamal

AKHIRNYA waktu telah menjawab. Persaingan perebutan kursi nomor 1 di Republik ini telah menemukan ujungnya. Hasil sidang Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan untuk menolak permohonan dari Prabowo - Hatta dan otomatis menjadikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih di tahun 2014 ini.

Dapatkah Kurikulum 2013 Menyambut Bonus Demografi

25-08-2014 | 10:06 WIB

Oleh Aripianto, S.Pd

IMPLEMENTASI kurikulum 2013 sampai saat ini masih kontroversial di tengah kalangan pendidik. Hal ini tentunya akan menjadi polemik baru didalam dunia pendidikan kita jika pemerintah tidak mampu melakukan  pencerahaan tentang penting menerapkan kurikulum 2013 untuk menyambut bonus demografis yang diprediksi akan terjadi pada 2020-2030. Bonus Demografi ini tentunya akan dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya.