Kolonel Pnb Elistar Silaen Resmi Jabat Danlanud RHF Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 10-01-2019 | 09:16 WIB
danlanud-rhf-silaen.jpg
Sertijab Danlanud RHF Tanjungpinang dari Kolonel Pnb M Dadan Gunawan kepada Kolonel Pnb Elistar Silaen. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Lanud Raja Haji Fisabililah (RHF) resmi dijabat Kolonel Pnb Elistar Silaen, menggantikan Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan.

Serah terima jabatan ini dipimpin Pangkoopsau I, Marsda TNI Fadjar Prasetyo di gedung Roesmin Nurjadin Makoopsau I, Jakarta (9/1/2018), bersamaan dengan setijab Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM).

Kedua pejabat yang baru saja dilantik adalah Kolonel Pnb Elistar Silaen sebagai Danlanud Raja Haji Fisabilillah (Rhf) yang menggantikan Kolonel Pnb M Dadan Gunawan dan Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto sebagai Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM) menggantikan kolonel Nav Setiawan Indrastanto.

Prosesi pelantikan kedua pejabat ini diawali dengan pengucapan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penandatangan berita acara serah terima jabatan.

Pangkoopsau I, Marsda TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan, keberadaan Lanud SIM dan Lanud RHF sangat penting dan strategis bagi pertahanan negara, mengingat kedua Lanud ini berada di wilayah perbatasan Indonesia, yang berbatasan dengan negara lain serta berbatasan langsung dengan jalur pelayaran dan penerbangan internasional.

"Kedudukan Lanud Raja Haji Fisabilillah dan Lanud Sultan Iskandar Muda memiliki nilai yang sangat strategis bagi pertahanan negara. Posisi kedua Lanud berada di wilayah jalur penerbangan dan pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan negara tetangga," tegas Fadjar.

Fadjar berharap agar dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mampu menunjukkan eksistensi satuannya sebagai Lanud terdepan Koopsau I dalam mendukung pelaksanaan operasi udara dan menyelenggarakan pemberdayaan wilayah pertahanan di daerahnya masing-masing.

"Sementara untuk pejabat lama, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala pengabdian dan dedikasi yang baik selama menjabat," ucapnya.

Diketahui bahwa Kolonel Pnb Elistar Silain sebelum menjabat sebagai Danlanud RHF menjabat sebagai Pamen Sopsau sementara Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto sebelumnya juga menjabat sebagai Pamen Sopsau.

Sedangkan Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan akan menduduki jabatan baru sebagai Pamen Sopsau dalam rangka mengikuti pendidikan Sesko TNI, sementara Kolonel Nav Indrastanto Setiawan akan menjabat sebagai Kasubdisnatdirga Dispotdiga.

Upacara yang berlangsung khitmad dan lancar ini turut dihadiri Kepala Staf Koopsau I, Marsma TNI Samsul Rizal, Danlanud Halim Perdanakusuma, para pejabat Makoopsau I dan sejumlah undangan lain.

Editor: Gokli