Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Fanindo Keluhkan Jalan Permukiman Rusak Parah
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 13-08-2024 | 19:04 WIB
Jalan-Perum-Fanindo1.jpg
Kondisi jalan perumahan Fanindo, Batuaji telah rusak parah. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Perumahan Fanindo, RT 03 RW 006, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, mengeluhkan kondisi jalan permukiman yang rusak parah dan tak kunjung diperbaiki oleh pihak berwenang.

Jalan permukiman yang rusak itu berlokasi di blok X dan Y perumahan tersebut. Jalan yang rusak dan berlubang membuat mobilitas warga terganggu, terutama saat musim hujan tiba. Kondisi jalan yang berlumpur dan licin menambah kekhawatiran warga akan keselamatan mereka saat melintas.

Yanti (55) Warga setempat, mengaku, jalan permukiman tersebut tidak pernah mendapat penanganan serius dari pemerintah daerah. Padahal di gang lain perumahan itu sudah dilakukan semenisasi.

"Sudah puluhan tahun dari awal aspal perumahan Fanindo ini dibangun sampai sekarang belum ada perbaikan," kata Yanti, Selasa (13/2024).

Ia bersama warga lainya mengaku, sudah menanyakan permasalahan jalan perumahan itu ke perangkat RT, RW dan camat setempat. Namun hasilnya nihil.

"Sudah pernah di ukur beberapa kali cuma tidak ada perbaikan sampai sekarang. Malah di suruh sabar. Sudah cukup sabar puluhan tahun bertahan dengan kondisi jalan seperti ini.Ini kalau hujan seperti sawah. Lumpur semua," sebutnya.

Terkadang, kata Yanti, untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, Yanti bekerja secara mandiri untuk memperbaiki jalan. Menutup lubang-lubang yang banyak ditemukan di sepanjang jalan tersebut.

"Ya kadang kami tutup pakai batu biar tidak becek cuma sampai kapan. Gang yang lain aja sudah disemen semua," kata dia.

Senada, warga lainnya yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan, bahwa kondisi jalan yang buruk ini sudah berlangsung selama beberapa tahun tanpa adanya tindakan perbaikan dari pihak terkait.

"Setiap kali hujan turun, jalan menjadi seperti kubangan lumpur. Kendaraan sering tergelincir, dan anak-anak sulit pergi ke sekolah dengan aman," ungkapnya.

Menurut dia, sudah saatnya jalan pemukiman Fanindo diviralkan ke media. Sebab, jika tidak begitu puluhan tahun akan tetap begitu.

"Sekarang ini lagi musim panas. Kalau sudah hujan lebih parah. Kacaulah," katanya dengan nada kesal.

Camat Batu Aji Faisal mengaku, sudah berkoordinasi dengan perangkat RT, RW dan lurah setempat agar jalan pemukiman tersebut dapat diperbaiki. Menurut dia, pengajuan perbaikan jalan harus melalui RT, RW agar dapat dimasukkan kedalam anggaran pemda.

"Coba tanya ke RT, RWnya kalau sudah diajukan pasti ada pembangunannya," kata Faisal.

Pihaknya mengaku, sempat melakukan peninjauan di kawasan jalan tersebut. Diakuinya lokasi jalan pemukiman di dua blok itu sangat parah. "Coba tanyakan ke lurah. Karena teknisnya kan dia," jelas dia.

Editor: Yudha