Tahun Ini, Pemprov Kepri Bakal Rombak Jabatan Eselon II
Oleh : Ismail
Jum\'at | 04-01-2019 | 13:52 WIB
sekda-kepri-new111.jpg
Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri sudah meminta rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pusat, terkait persiapan lelang jabatan eselon II Pemprov Kepri yang akan masuk masa pensiun.

"Kita sudah minta rekom KASN, kita ajukkan beberapa pejabat yang sudah masuk masa pensiun," ujar Arif Fadillah di Tanjungpinang, Kamis (3/1/2018).

Lebih lanjut, Arif menuturkan lelang jabatan akan dilakukan secepatnya jika KASN sudah memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan lelang jabatan atau open bidding terhadap jabatan yang akan ditinggal karena pejabatnya masuk masa pensiun.

Arif membeberikan yang pasti akan dilakukan open bidding. Ada sejumlah lepala OPD yang akan masuk masa pensiun diantaranya kepala Dinas Kebudayaan, Biro Kesra, PTSP dan Perpustakaan dan Arsip.

"Kita harapkan rekom dari KASN ini secepatnya sehingga akan cepat dilakukan open bidding," ujar mantan Sekda Kabupaten Karimun ini.

Menurutnya, bukan tidak mungkin juga nantinya Pemprov Kepri akan menggelar perombakan atau rotasi pejabat di lingkungan eselon III dan IV pada Januari 2019 ini.

"Kita sudah siapkan bila memang akan ada rotasi dan mutasi di lingkungan pejabat Pemprov Kepri. Dan rotasi merupakan hal biasa sebagai bentuk penyegaran," katanya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian (BKD) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Kepri Firdaus, mengakui bahwa Gubernur sudah meminta sejumlah data nama pejabat yang sudah memenuhi persyaratan untuk promosi dan rotasi.

Firdaus menyampaikan, rotasi pejabat bisa saja dilakukan akhir 2018 atau awal Januari 2019 mendatang. Menurut dia semua tergantung kebijakan kepala daerah. Dirinya hanya diminta menyiapkan berkas yang nantinya akan dipertimbangkan kepala daerah untuk proses tersebut.

”Kami sudah serahkan nama-nama, berkas itu untuk dipertimbangkan Gubernur. Tentu saja Pak Gubernur ingin pejabat yang memenuhi kriteria yang diharapkan bisa bekerja serta memiliki prestasi yang baik," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Kepri Nurdin Basirun memastikan bahwa, setiap kinerja Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Kepri telah dilakukan evaluasi.Terkait apakah akan ada pergantian setelah dilakukan evaluasi, hal itu menjadi kewenangannya.

"Hasil evaluasi tahun 2018 kinerja kepala OPD sudah dilakukan dan memang kinerja OPD sudah berjalan dengan baik. Seluruh OPD sangat membantu dalam menjalankan roda pemerintahan selama ini," kata Nurdin di Dompak.

Ia menambahkan, terkait apakah akan ada perombakan struktur kepala OPD di tahun 2019 ini, hal itu tentuntunya menjadi kewenangannya, termasuk dalam penilaian atas hasil evaluasi kinerja masing-masing kepala OPD.

Untuk melakukan perombakan OPD jelasnya, sejauh ini masih belum ada. Namun hasil penilaian dan evaluasi kinerja OPD tersebut akan menjadi acuan bila dilakukan perombakan nantinya.

"Ya tahun 2019 ini ada sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri, yang masuk masa pensiun. Tentunya akan ada pergantian dan bisa saja akan ada perombakan susunan OPD dilingkungan Pemprov Kepri," ujarnya.

Editor: Yudha