Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, AJI Tanjungpinang Gelar UKJ
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 22-12-2018 | 11:16 WIB
UKJ-AJI.jpg
Uji Kompetensi Jurnalis AJI Tanjungpinang. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang bersama AJI Indonesia menggelar Uji Komptensi Jurnalis (UKJ) di Hotel Conforta Tanjungpinang, Sabtu (21/12/2018). UKJ yang dilaksankan AJI Kota Tanjungpinang pertama ini, akan diikuti 22 peserta UKJ tingkat Muda, Madiya dan Utama.

Sekretaris AJI Tanjungpinang Sutana mengatakan, pelaksanaan UKJ di Kota Tanjungpinang ini, dilaksanakan sesua dengan program AJI Indonesia, yang terus meningkatkan mutu dan kuwalitas profesionalisme Jurnalis Indonesia ditengah kemajuan teknologi dan tuntutan globalisasi dalam perkembangan media.

"Ini merupakan program AJI pusat, dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme Jurnalis di daerah, dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jurnalis dalam menyampaikan informasi melalui media tempatnya bekerja kepada masyarakat," ujarnya di Tanjungpinang.

Jurnalis media cetak ini juga menjelaskan, selain untuk menguji mutu dan kompetensi para jurnalis, dalam UKJ-AJI ini, juga dimanfaatkan sebagai wadah diskusi mengenai profesionalisme jurnalis dan penegakan kode etika jurnalistik di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan provinsi Kepri.

Sutana menambahkan, penyelenggaraan UKJ yang dikaksanakan AJI Tanjungpinang ini, akan mendatangkan penguji dari AJI pusat, sebagai salah satu lembaga penguji yang ditetapkan Dewan Pers sejak September 2012 lalu.

"Kami percaya bahwa peserta, secara pribadi, akan memperoleh manfaat besar dari uji kompetensi ini dan sebesar-besarnya demi kepentingan publik untuk memperoleh informasi yang benar sesuai dengan visi dan misi serta nilai-nilai yang diperjuangkan organisasi AJI sebagai organisasi profesi jurnalis yang Independen,"papar Sutana.

Selama mengikuti UKJ, sambung Sutana, peserta akan diuji sejumlah materi penting, di antaranya profesionalisme Jurnalis, etika, komunikasi massa, perkembangan pers nasional dan media global serta hukum Pers Indonesia. Selain itu, peserta juga diuji dengan soal prinsip jurnalistik, unsur, nilai serta jrnis berita. Bahasa jurnalistik serta pembedaan fakta dan opini.

"AJI adalah organisasi jurnalis yang selalu memegang teguh prinsip independen. Penguji merupakan senior-senior anggota AJI dan juga jurnalis-jurnalis senior dari Kompas, Antara serta media Nasional lainya, yang memiliki sertifikat penguji dari Dewan Pers, hingga tidak diraguka lagi integritasnya sebagai seorang penguji maupun jurnalis,"tutupnya.

Terpisah, Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan mengatakan, UKJ di Tanjungpinang bukanlah yang terakhir di tahun 2018 ini. Pasalnya AJI Indonesia sudah merencanakan akan menggelar UKJ Penutup 2018 di Sekretaris AJI Indonesia, Jakarta pada 29-30 Desember 2018 mendatang.

"Pada UKJ penutup itu nanti, kita menargetkan akan diikuti 30 peserta dari sejumlah daerah di berbagai jenjang. Dan kita membuka kesempatan bagi setiap Anggota AJI di daerah untuk ikut UKJ ini," kata Manan.

Editor: Dardani