Sambut Gelar Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Riayat Syah, Nurdin Ajak Masyarakat Kepri Bersyukur
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 07-11-2017 | 09:50 WIB
Pahlawan-Nasional-Kepri.gif
Nurdin saat memimpin rapat persiapan kedatangan gelar pahlawan Nasional bertempat di Rupatama Lt.4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Tanjungpinang, Senin (6/11/2017) (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, mengajak kepada seluruh tim panitia penyambutan gelar pahlawan nasional yang akan didapat oleh salah satu tokoh besar Melayu di Kepri yakni Sultan Mahmud Riayat Syah, untuk disambut kedatangannya dengan meriah serta penuh rasa syukur.

"Ini merupakan anugerah yang besar bagi masyarakat di Kepri yang mana nantinya Kepri akan memiliki 3 Pahlawan Nasional, untuk itu patut kita syukuri dan disambut dengan meriah,” ujar Nurdin saat memimpin rapat persiapan kedatangan gelar pahlawan Nasional bertempat di Rupatama Lt.4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Tanjungpinang, Senin (6/11/2017).

Nurdin melanjutkan bahwa pemberian gelar pahlawan oleh Presiden di Istana Negara sudah memiliki aturan yang baku, untuk itu pihak Pemda hanya bisa mengikuti tata tertib di sana, namun untuk berimprovisasi agar difokuskan di daerah, sambut dengan meriah dan secara adat Melayu.

"Sekaligus mengingatkan kita terkait sejarah besar dari Sultan Mahmud Riayat Syah untuk Kepri, untuk itu saya mengimbau agar tim panitia lebih teliti dalam mengonsep penyambutannya nanti, tentu kita juga berterima kasih kepada para tokoh yang dalam hal ini tak henti selalu mensupport ke pusat agar gelar pahlawan nasional ini dapat diberikan kepada tokoh Melayu kita," ujar Nurdin.



Sementara itu, Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan bahwa perlu kerja sama semua pihak untuk menyukseskan penyambutan gelar pahlawan ini, karena nantinya seluruh masyarakat diharapkan dapat menyaksikan. Untuk itu, panitia perlu berkoordinasi dengan Kepolisian dan Pemko Tanjungpinang.

"Kepolisian untuk kemanan dan kelancaran lalu lintas terhadap rute yang dilewati iring-iringannya nanti lalu Pemko Tanjungpinang agar mengimbau kepada sekolah-sekolah yang dilewati iring-iringan untuk para siswanya agar dapat menyambut di depan sekolah yang dilewati," ujar Arif.

Kemudian Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Abdul Razak, juga mengimbau terkait para Zuriyat yang akan ikut menjemput gelar Pahlawan Nasional tersebut, harus segera didudukkan dan didiskusikan, mengingat waktu yang singkat.



Adapun penganugerahan pahlawan Nasional akan digelar di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Jokowi pada Kamis (9/11/2017) mendatang. Sultan Mahmud Riayat Syah (Kepri) sendiri mendapatkan gelar pahlawan nasional bersama 3 orang lainnya yakni Alm TGKH Muhammad Zainuddin Abdulah Majod (NTB), Alm Laksamana Malahayah (Aceh) dan Alm Prof Lafran Pune (DIY) yang akan diberikan kepada Ahli Waris didampingi oleh masing-masing Gubernur di daerah yang mendapatkannya.

Tentatif awal setelah menerima gelar tersebut oleh Presiden, selanjutnya akan dibawa ke Kepri pada Sabtu (11/11/2017) pagi dan disambut secara adat di depan Bandara RHF Tanjungpinang, kemudian diarak keliling Kota Tanjungpinang dan diakhiri di Gedung Daerah untuk menggelar doa bersama.

Rencananya, saran dari Gubernur agar malamnya juga ditambah agenda hiburan rakyat yang tentunya bernuasa adat dengan menonjolkan sejarah Melayu.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten I Pemerintahan Provinsi Kepri Raja Ariza, Asisten I Kota Tanjungpinang Ahadi, Kepala Dinas Sosial Dolly Boniara, Kepala Dinas Kebudayaan Yatim Mustafa, Perwakilan FPKD beserta tokoh masyarakat.

Editor: Udin