Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Teknik IVA yang Perlu Diketahui Wanita Tentang Kangker Servick
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 24-10-2017 | 19:14 WIB
baksos-DPW-Kepri.gif Honda-Batam
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Kebidanan dan Kandungan Dr Jupri SpOG bersama Pembian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kepri, Hj Noorliza Nurdin (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Kebidanan dan Kandungan Dr Jupri SpOG mengatakan, untuk mengetahui apakah seseorang wanita mempunyai potensi kanker serviks atau tidak, ada 4 langkah teknik IVA dalam tampilan serviks.

"Jika curiga kanker, tidak perlu test IVA, tetapi langsung dilakukan biopsi atau melakukan pengecekan dengan pengambilan sampel kecil dari jaringan, sehingga dapat diperiksa di bawah mikroskop," kata Jupri ketika menjadi narasumber dalam seminar bahaya dan pencegahan kanker servick di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (24/10/2017).

Hal kedua, tambah Juprsi, dengan melihat sambungan skuamo kolumnar atau bibir rahim. Jika tampak seluruhnya maka sebaiknya dilakukan test IVA.

"Ketiga, lakukan test IVA dengan menunggu satu menit dan lihat jika timbul epitel putih maka positif dan angkah keempat, jika positif maka harus melakukan kandidat krioterapi," ujarnya.

Selain kanker serviks, dr Jupri ini juga memberikan pemahaman tentang kanker payudara yang dapat dideteksi dengan cara pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) oleh tenaga medis terlatih.

"Untuk Sadari dapat dilakukan setiap bulan, sedangkan Sadanis dapat dilakukan sekali setahun," jelas Jupri.

Dalam kesempatan itu, juga dijelaskan mengenai gejala dan pencegahan kanker tersebut. Misalnya dengan menghindari alkohol dan asap rokok. Sebaiknya lakukan olahraga, tidur cukup, perhatikan makanan dan lain-lain.

Editor: Udin