Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Liga Champion Arsenal vs Dortmund

RVP Antarkan Arsenal Puncaki Group F
Oleh : Magid/Bola
Kamis | 24-11-2011 | 09:03 WIB
rvp1_png.jpg Honda-Batam

Robin Van Persie. Foto:Arsenal.UK

LONDON, batamtoday - Robin Van Persie atau yang akrab disapa RVP akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Arsenal dalam lanjutan Liga Champion dini hari tadi, Kamis(24/11/2011). Dua gol yang dilesakkan RVP di babak kedua, menjadi penentu kubu Arsenal sekaligus mengkandaskan perlawanan dari Borussia Dortmund dengan skor 2-1.

Pertandingan di babak pertama praktis tidak ada kejutan berarti yang dibuat oleh kedua tim. Kedua tim sudah saling serang sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Tapi permainan Dortmund menjadi pincang setelah Mario Goetze dan Sven Bender ditarik keluar karena mengalami cedera. Pertandingan babak pertama akhirnya harus diakhiri dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, the Gunners berinisiatif untuk memulai penyerangan terlebih dulu dan hasilnya pun langsung terlihat. Arsenal berhasil membobol gawang Dortmund di menit ke-50 melalui tandukan van Persie yang memanfaatkan umpan dari Alex Song. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Tertinggal lebih dulu dari tim tuan rumah, Dortmund semakin gencar melakukan serangan ke lini pertahanan the Gunners, tapi penyelesaian akhir menjadi kendala bagi anak-anak asuh Jurgen Klopp ini.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan babak kedua, tepatnya di menit ke-86, van Persie kembali membobol gawang Dortmund untuk kali kedua. Gol diawali dari sepak pojok, Thomas Vermaelen berhasil menempatkan bola di depan van Persie yang tidak terkawal sama sekali. Arsenal unggul 2-0 atas Dortmund.

 

Dortmund yang sudah tertinggal dua gol tetap tidak mengendurkan serangan dan akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 2-1 melalui sepakan dari Shinji Kagawa di menit ke-90.

Gol dari Kagawa terbilang telat, karena tidak lama kemudian pertandingan harus berakhir dan Arsenal unggul 2-1 atas Dortmund.

Arsenal yang bertindak sebagai tuan rumah, akhirnya berhasil memetik poin penuh untuk memantapkan langkah mereka melaju ke babak 16 Besar Liga Champion.

Arsenal sudah bisa memastikan lolos ke fase berikutnya karena torehan poin the Gunners sudah tidak terkejar lagi oleh rival-rivalnya dan menjadi juara Grup F.   

Sedangkan Dortmund, yang bertandang ke Emirates, harus terpuruk menjadi juru kunci setelah pertandingan di hari yang sama, Olympiakos berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Marseille.

Meskipun bertindak sebagai juru kunci, tapi Dortmund masih berharap dapat memetik poin penuh pada laga terakhir menghadapi Marseille, yang saat ini berada di posisi kedua, agar bisa melaju ke babak berikutnya sebagai runner-up grup.

Dortmund bisa melaju ke babak berikutnya apabila bisa mengalahkan Marseille di laga terakhir dengan skor telak, sementara Olympiakos menelan kekalahan dari Arsenal di laga terakhir fase penyisihan grup.