Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apple Siapkan Dana Rp48,5 Triliun untuk Dapatkan Unit Bisnis Chip Toshiba
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-09-2017 | 09:26 WIB
apple-33.gif Honda-Batam
Chirstof Stache | AFP | Getty Images

BATAMTODAY.COM, Batam - Apple dikabarkan tengah menyiapkan dana senilai 400 miliar yen atau sekitar Rp48,5 triliun untuk turut serta dalam pembelian unit bisnis chip milik Toshiba. Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu merupakan bagian dari konsorsium yang dipimpin oleh Bain Capital.

Toshiba memang sudah cukup lama berupaya menjual unit bisnis chip miliknya. Saat ini unit bisnis tersebut ditaksir bernilai 18 miliar dollar AS atau setara Rp 240,2 triliun.

Sebagaimana dilansir dari BGR, Sabtu (2/9/2017), selain Apple, dalam konsorsium yang dipimpin oleh Bain Capital itu juga terdapat SK Hynix dan bank-bank dari Jepang.

Bain Capital dan SK Hynix dikatakan akan mengucurkan uang senilai 1,1 triliun yen atau sekitar Rp132,8 triliun. Sedangkan gabungan bank-bank Jepang akan menyediakan uang senilai 600 miliar yen atau setara Rp72,4 triliun.

Kemudian Toshiba sendiri juga diminta untuk mengucurkan 200 miliar yen atau Rp24,1 triliun ke dalam kesepatakan tersebut. Pengajuan tawaran ini dilakukan untuk menghalau tawaran dari konsorsium Western Digital yang bernilai 1,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 25,3 triliun.

Jika tawaran diterima, Bain Capital bersama Toshiba akan mengelola 46 persen dari unit bisnis chip tersebut. Sedangkan bagi Apple, keberadaan investasinya bakal mengamankan produksi dan pengembangan solusi memori di masa yang akan datang.

Dengan demikian, Apple bakal lebih mudah memperbesar kapasitas memori dalam perangkat buatannya. Seperti diketahui dalam beberapa tahun ini, Apple kerap meningkatkan kapasitas memori dalam iPhone, iPad dan Mac. Bisa saja tindakan itu akan terus dilakukan.

Sumber: Kompas.com
Editor: Gokli