Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyisihan Group, Skuad Garuda Muda Hanya Mampu Jadi Runner Up
Oleh : Redaksi
Jum'at | 18-11-2011 | 09:26 WIB

JAKARTA, batamtoday - Timnas Indonesia U23 akhirnya harus mengakui keunggulan Malaysia dalam pertandingan yang tak menentukan tadi malam, Kamis (17/11/2011). Wakil Indonesia ini memang tak turun dengan kekuatan penuh. Hampir seluruh pemain adalah pemain lapis dua dengan hanya mengandalkan Titus Bonai di lini depan. Skor akhir, 1-0 untuk kemenangan Malaysia, membuat Tim berjuluk Garuda Muda ini harus tergusur dari posisi puncak klasemen.

Pelatih Indonesia, Rachmad Darmawan melakukan sejumlah perubahan kompisisi pemain dalam laga panas ini. Pelatih kebanggaan Indonesia itu beralasan rotasi yang dilakukan untuk menjaga kebugaran beberapa pemain mengingat padatnya jadwal SEA Games, terutama menjelang laga semifinal mendatang.

Indonesia mengawali pertandingan dengan buruk, sebaliknya Malaysia tampil baik dan mampu memberi sejumlah ancaman.

Petaka bagi Garuda datang di menit ke-17. Memanfaatkan serangan balik Malaysia akhirnya bisa menjebol gawang Indonesia melalui tendangan Sahrul Aswari.

Sejak kebobolan, Indonesia tidak menunjukan perbaikan. Sebaliknya Malaysia terlihat lebih tenang dan mampu menguasai jalannya laga.

Indonesia mulai bangkit di babak kedua. Titus Bonai tecatat memiliki dua peluang emas yang gagal dituntaskan dengan sempurna. Satu peluang emas lain diperoleh Ferdinand Sinaga.

Sayang, meski punya banyak peluang namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir skor 1-0 untuk Malaysia tidak berubah.

Kemenangan ini mengantar Malaysia ke semifinal dengan status juara grup. Di empat besar, Malaysia akan ditantang Myanmar. Sementara Indonesia menjadi runner-up grup B dan akan jumpa lawan berat, Vietnam di semifinal tanggal 19 November mendatang.