Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Sampah, Dahlan Berdalih Akibat Kesalahan Administrasi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 07-11-2011 | 12:38 WIB
Sampah-Engku-Putri.gif Honda-Batam

Tumpukan sampah di Engku Putri. (Foto: Hendra)

BATAM, batamtoday - Masalah sampah di Kota Batam, belum juga bisa diatasi oleh pemerintah. Di berbagai sudut kota, masih terdapat penumpukan sampah yang tidak kunjung diangkut. Namun begitu, Walikota Batam Ahmad Dahlan hanya berdalih hal tersebut akibat dari kesalahan administrasi.

Dijelaskan Dahlan, penyusunan anggaran belum tertata dengan baik sejak pengunduran diri PT Surya Sejahtera secara mendadak.

"Karena PT SS mengundurkan diri, persoalannya sekarang sedang dilakukan penyusunan ulang anggaran sampah. Dianggarkan secara khusus," kata Dahlan kepada wartawan di sela-sela pemotongan hewan kurban di Kantor DKP Kota Batam, Senin (7/11/2011).

Kebijakan yang akan diambil, lanjut Dahlan, yakni penanganan sampah akan kembali diserahkan kepada pihak swasta dan dilakukan perbaikan administrasinya.

"Sekarang kita mulai mengajak para investor untuk bekerjasama," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Zakaria, Kabid Peningkatan Pelayanan DKP, menambahkan, kalau saat ini sedang dilakukan persiapan untuk lelang sampah. Mulai dari persiapan data para investor yang akan ikut lelang hingga sistem penyusunan kontrak pengelolaan sampah.

"Kita bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk memfasilitasi sistem penyusunan kontrak pengelolaan sampah," kata Zakaria.