Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Tekong Positif Pakai Narkoba

Tim WFQR Lantamal IV Amankan 14 TKI Ilegal
Oleh : Redaksi/Rilis
Selasa | 16-05-2017 | 15:26 WIB
TKI-ilegal1.gif Honda-Batam
14 TKI ilegal tangkapan tim WFQR Lantamal IV. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Satgas Barelang-17 yang tergabung dalam Tim Charli, bekerjasama dengan Tim WFQR Lanal Tanjungbalai Karimun, berhasil menangkap kapal boat fiber yang membawa 14 TKI ilegal dari Malaysia pada Sabtu (13/5/2017).

Komandan Lantamal IV, Kolonel Laut (P) R. Eko Suyatno SE MM mengatakan, penangkapan boat fiber tanpa nama bermesin 40 PK dengan tekong berinisial A (44), asal Teluk Uma Leho, Karimuan, dan ABK yang berinisial B (33), berawal saat Tim Charli WFQR Lantamal IV dan tim WFQR Lanal Tanjungbalai Karimun sedang melakukan operasi di perairan Tanjungbalai Karimun.

"Tim gabungan yang diturunkan telah mencium pergerakan boat yang mengangkut TKI berkat laporan dari masyarakat. Dan akhirnya berhasil mencegat boat fiber tanpa nama, saat diperiksa ditemukan 14 orang TKI berjejal tidur ditutupi terpal berwarna hijau untuk menghindar pantauan petugas," kata Danlantamal melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (16/5/2017).

Berdasarkan pengakuan dan pemeriksaan sementara, ke-14 orang TKI tersebut berangkat dari Pontian Malaysia tujuan Tanjung Sebatak Leho. Para TKI berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Teluk Umah Karimun, Cianjur, Sindang Jawa Barat, Palembang, Jambi, dan Nusa Tenggara Barat.

Dikatakan pula bahwa upaya penyeludupan TKI yang bekerja di Malaysia kembali ke Indonesia secara sembunyi-sembunyi sudah diprediksi sebelumnya. Biasanya menjelang masuknya bulan suci Ramadhan banyak kegiatan-kegiatan ilegal seperti ini dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab membawa TKI kembali masuk ke Indonesia.

"Sindikat sepertinya tidak pernah kehabisan akal dan hal ini terkadang menuai petaka kecelakaan di laut karena kelebihan penumpang ataupun penyebab lain akibat cuaca buruk hal ini sudah berulang kali terjadi di wilayah kepulauan Riau bahkan menelan puluhan koban," terangnya.

Guna pemeriksaan lebih lanjut pada pukul 03.25 Wib ke 14 orang TKI dan 1 tekong dan 1 ABK di bawa ke Lanal Tanjung Balai Karimun untuk dilaksanakan pemeriksaan Narkoba oleh tim Kesehatan Lanal Tanjung Balai Karimun. Dari hasil pemeriksaan urine tekong dan ABK positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu dan inex, sedangkan ke 14 orang TKI lainya dinyatakan negatif tidak menggunakan narkoba.

Guna penyelidikan lebih lanjut hingga saat ini ke 14 orang TKI, 1 Tekong dan 1 ABK masih diamankan di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun guna proses hukum lebih lanjut.

Editor: Yudha