Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalin Komunikasi dengan Perangkat Desa

Antisipasi Masuknya Tahanan Kabur dari Riau, Polres Lingga Perketat Pengawasan di Pelabuhan
Oleh : Nur Jali
Minggu | 07-05-2017 | 11:30 WIB
Kapolres_lingga_baksos.jpg Honda-Batam

Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat melakukan bakti sosial bersam IOF Pengda Kepri dan Lingga (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kabar pelarian ratusan narapidana di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, ke beberapa wilayah di Kepulauan Riau (Kepri) membuat Polres Lingga menginstruksikan anggotanya di lapangan untuk menjalin komunikasi dengan perangkat desa setempat untuk pencarian tahanan yang belum tertangkap.

Dengan komunikasi yang terjalin baik, diharapkan perangkat desa bisa menyampaikan informasi kepada pihak berwajib terkait keberadaan pendatang atau warga baru di desanya.

"Selain melaukukan patroli rutin, kita menginstruksikan kepada anggota untuk meningkatkan pengamanan di desa-desa dan pintu masuk pelabuhan," kata Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi kepada BATAMTODAY, Sabtu (7/5/17). "Hal ini juga sesuai dengan perintah Kapolda Kepri," tambahnya.

Polres Lingga juga, kata Ucok, menjalin komunikasi dan koordinasi dengan rutan setempat untuk meningkatkan pengamanan dan mengantisipasi para penghuni rutan yang kabur tersebut masuk ke wilayah hukum Kabupaten Lingga.

"Kita juga berkoordinasi dengan rutan setempat, untuk melakukan pencarian," katanya.

Untuk Kabupaten Lingga sendiri memiliki beberapa pelabuhan yang bisa dicapai dari Batam dan Tanjungpinang. Namun, juga bisa dimasuki dari Jambi melalui Dabosingkep dan beberapa desa yang berbatasan langsung dengan Jambi. Jalur ini merupakan titik rawan berbatas langsung dengan Provinsi Jambi yang dapat di tempuh melalui jalur darat dari Provinsi Riau.

"Anggota sudah kita perintahkan juga untuk berkoordinasi dengan RT/RW setempat untuk memperketat wajib lapor bagi tamu yang baru datang, dari luar Dabo," sebutnya.

Pantauan BATAMTODAY di lapangan di beberapa pelabuhan di Lingga masih terpantau normal baik itu penjagaanya maupun pemeriksaan orang yang masuk ke pelabuhan.

Editor: Surya