Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Pelarian Tahanan Rutan Sialang Bungkuk

Sebanyak 109 Penumpang Dumai Express 01 Diperiksa Polisi
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 06-05-2017 | 20:02 WIB
periksa-tiket-400x192.gif Honda-Batam

Pihak Kepolisian sedang memeriksa tiket penumpang kapal Dumai Express 01, yang datang dari Pelabuhan Buton, Pekanbaru menuju Batam, untuk antisipasi masuknya Napi yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Antisipasi pelarian tahanan Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, ke Batam melalui Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), membuat seluruh personil Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan itu dilakukan kepada 109 penumpang yang turun dari kapal Dumai Express 01, baik perempuan maupun laki-laki. Para penumpang diarahkan langsung keruangan khusus, di luar pelabuhan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Para penumpang maaf mengganggu waktunya, tolong ditujukkan tiket dan Kartu Tanda Penduduk," ucap petugas kepolisian sambil mengarahkan penumpang, Sabtu (06/05/2017) pukul 18.00 Wib.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM, terhadap seluruh penumpang langsung dilakukan pemeriksaan di Dermaga Pabuhan Domestik oleh Kepolisian. Beberapa di antaranya diketahui tidak memiliki identitas KTP.

Setidaknya ada 10 penumpang laki-laki yang diperiksa di lokasi berbeda, lantaran tidak memiliki identitas. Mereka yang diperiksa rata-rata dijemput saudara maupun kerabat. Mereka langsung didata untuk perkembangan lebih lanjut oleh Kepolisian.

109 penumpang yang turun dari kapal Dumai Express 01, baik perempuan maupun laki-laki diarahkan langsung keruangan khusus, di luar pelabuhan, dengan menunjukkan KTP (Foto: Irwan Hirzal)

Kapolsek Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP), AKP Reza Morandy Tarigan, yang turut hadir mengatakan,  pengecekan identitas penumpang ini untuk antisipasi pelarian napi di Rutan Pekanbaru.

"Ada dua orang tanpa identitas, tapi mereka dijemput saudaranya. Kami lakukan pendataan penumpang tanpa identitas. Sejauh ini belum ada tanda-tanda tahanan Rutan yang kabur ke Batam," pungkasnya.

Editor: Udin