Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Digelar di Batam

Triangle Tourism Travel Mart Perkenalkan Produk Pariwisata Kepri ke Mata Dunia
Oleh : Michael Elya Silalahi
Rabu | 19-04-2017 | 17:02 WIB
Tourism-Elya-1742017-400x192.gif Honda-Batam

Triangle Tourism Travel Mart, merupakan pameran pariwisata yang bekerja sama dengan ASPPI. Acara yang mengangkat tagline "Bersama ASPPI Membangun Pariwisata Yang Cerdas Dan Kreatif" itu, diikuti 70 delegasi industri pariwisata dari berbagai negara.(Foto: Michael Elya Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Triangle Tourism Travel Mart atau T3M Kepri I, tengah berlangsung di ballroom Swiss-belhotel Harbour Bay, Batam. Acara itu berlangsung sejak tanggal 18 April hingga 21 April mendatang.

Triangle Tourism Travel Mart, merupakan pameran pariwisata yang bekerja sama dengan ASPPI. Acara yang mengangkat tagline "Bersama ASPPI Membangun Pariwisata Yang Cerdas Dan Kreatif" itu, diikuti 70 delegasi industri pariwisata dari berbagai negara.

Pembukaan acara oleh Wali Kota Batam, Rudi itu, juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, dan para petinggi ASPPI dari Pusat.

"Hari ini merupakan puncak acara kita di Batam. Setelah dua hari berjalan, respon dari buyer (pembeli) yang bergabung sangat besar. Terbukti dari jumlah buyer yang berkontribusi dalam acara ini mencapai 130 buyer," tutur Dosma Tobing, Sekretaris ASPPI Provinsi Kepri, Rabu (19/4/2017).

Adapun buyer yang dimaksudkan, berasal dari Singapura, Malaysia dan selebihnya seluruh Indonesia. Keikusertaan buyer dilakukan, setelah melalui pendaftaran terlebih dahulu pada website resmi travel mart.

Dijelaskan Dosma, Triangle Tourism Travel Mart, menghadirkan 70 booth. Artinya ada 70 perusahaan (seller) yang akan mempresentasikan masing-masing produk unggulannya.

"Sebagian besar seller berasal dari Indonesia. Dan ada beberapa negara lain, seperti Korea, Thailand, Bangkok, Singapura, Malaysia dan India," ujar Dosma.

Menurutnya, para peserta (seller) yang berasal dari Indonesia, akan mewakili DPD per wilayah di seluruh nusantara dalam event tersebut.

"Saat ini booth kita diisi oleh masing-masing utusan DPD per wilayah. Khususnya tersedia dari Aceh sampai Lombok," katanya.

Masing-masing booth akan meprensentasikan keunggulan produk yang mereka bawa dari daerah masing-masing selama 5 menit. Tujuannya, agar semua seller yang datang tidak terlewatkan untuk mempromosikan produknya (Foto: Michael Elya Silalahi)

Sebagai salah satu travel mart di Indonesia, T3M Kepri dihadirkan dengan pasar dan konsep yang berbeda dari travel mart lainnya.

"Kita lebih mengutamakan anggota-anggota ASPPI menjadi peserta dalam travel mart ini. Karena anggota-anggota ASPPI sudah tersebar merata di Indonesia, mulai dari Aceh sampai NTT. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang bukan anggota (non-ASSPI) tetap dapat bergabung," tambahnya.

Dikatakan, Triangle Tourism Travel Mart tidak menargetkan nominal yang hendak dicapai selama acara ini berlangsung.

"Tujuan sejak awal acara ini dilaksanakan, memang memperkenalkan Batam dan Kepri pada umumnya. Khususnya dalam bidang pariwisata, agar Kepri dikenal di dunia domestik. Yang penting tugas kita memperkenalkan pariwisata, untuk meningkatkan arus kunjungan pariwisata," tegasnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, acara yang berjalan itu, diselingi dengan pemukulan gong setiap 5 menit. Pemukulan gong sebagai pertanda, bahwa para buyer diharuskan pindah ke seller atau booth lainnya.

Masing-masing booth akan meprensentasikan keunggulan produk yang mereka bawa dari daerah masing-masing selama 5 menit. Tujuannya, agar semua seller yang datang tidak terlewatkan untuk mempromosikan produknya.

"Di session terakhir hari ini, selama 30 menit hingga 45 menit, kita berikan kesempatan pada buyer untuk kembali mengunjungi seller yang mereka inginkan," ungkapnya mengakhiri pembicaraan.

Editor: Udin