Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Sebut Demokrasi Indonesia Kebablasan
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-02-2017 | 13:26 WIB
Jokowi11.jpg Honda-Batam

Presiden Jokowi. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presiden Joko Widodo mengatakan, sistem demokrasi Indonesia belakangan ini sudah melampaui batas. Pernyataan ini disampaikan karena belakangan ia kerap diminta tanggapan mengenai kondisi demokrasi di Indonesia.

 

Di hadapan ribuan kader Partai Hanura, Jokowi berpendapat, demokrasi yang seperti ini rawan menjadi pintu masuk ideologi yang bertentangan dengan Pancasila mulai liberalisme hingga terorisme.

"Saya jawab ya. Demokrasi kita terlalu kebablasan dan praktek demokrasi politik yang kita laksanakan telah membuka peluang terjadinya artikulasi politik yang ekstrem," kata Jokowi di Sentul International Convention Center, Rabu (22/2).

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, bukti nyata bablasnya sistem demokrasi Indonesia adalah politisasi SARA yang marak terjadi beberapa bulan terakhir. Cacian, makian, dan hujatan kerap disampaikan sejumlah oknum.

"Ini kalau diteruskan bisa menjurus pada memecah belah bangsa. Ini menjadi ujian kalau dilalui dengan baik akan membuat kita semakin tahan uji, bukan melemahkan," ucapnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat tak terbawa dengan sistem demokrasi yang kebablasan. Jokowi mengingatkan, fokus utama pemerintahan adalah memperbaiki pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat.

Menurutnya, satu-satunya cara mengatasi demokrasi yang kelewat batas adalah melalui penegakan hukum. "Dalam demokrasi yang sudah kebablasan adalah penegakan hukum. Aparat harus tegas, tidak usah ragu-ragu," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha