Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekupang Nyaris Rusuh

Puluhan Orang Duduki Gerbang PT Expert Engineering
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Selasa | 11-10-2011 | 14:41 WIB
Rusuh-sekupang.gif Honda-Batam

Beberapa dari puluhan orang yang mendatangi PT Expert Engineering untuk menuntut pembayaran fee. (Foto: Iwan)

BATAM, batamtoday - Suasana sekitar PT Expert Engineering, sebuah perusahaan galangan kapal yang berlokasi di Sekupang, tiba-tiba memanas dan nyaris terjadi kerusuhan setelah puluhan orang mendatangi dan menduduki pintu gerbang perusahaan, Selasa (11/10/2011).

Beruntung, hujan yang mengguyur kawasan itu mampu meredam suasana memanas tersebut. Puluhan orang yang digalang oleh seseorang berinisial J itu diketahui mendatangi perusahaan sejak pagi hendak menuntut pembayaran fee ke perusahaan tersebut.

Kedatangan kelompok tersebut juga menghalang-halangi para pekerja yang hendak bekerja maupun masuk kendaraan ke dalam lokasi perusahaan. Akibatnya, aktivitas perusahaan itu lumpuh total.

Setelah setengah hari bertahan di lokasi tersebut, sekitar pukul 13.00 WIB massa akhirnya membubarkan diri. Namun mereka mengatakan akan datang kembali kesana hingga ada pambayaran dari pihak perusahaan. 

"Kita akan datang lagi besok pukul 06.00 WIB. Kita akan terus datang kesini sampai mereka bayar semua hutang kepada pak J," kata Elias, salah satu orang yang mendatangi perusahaan dengan penuh semangat.

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa (27/9/2011) lalu, puluhan orang tersebut juga mendatangi PT Expert Engineering Sekupang dengan persoalan yang sama. Namun saat itu mereka gagal masuk ke lokasi perusahaan yang dikawal oleh personil Polisi gabungan dari Polresta Barelang dan Polsekta Sekupang.