Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seiring Kenaikan Tipe A, Pejabat Utama Polda Kepri Naik Pangkat
Oleh : Hadli
Sabtu | 31-12-2016 | 14:38 WIB
naik-pangkat.gif Honda-Batam

Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian menyematkan tanda kepangkatan kepada perwiranya (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 26 perwira menengah, 24 perwira pertama dan 234 personil bintara Polda Kepri menerima kenaikan pangkat seiring kenaikan tipe Polda dari B menjadi A.

"Jumlah keseluruhan yang naik pangkat sebanyak 372 orang termasuk pejabat utama Polda Kepri," kata Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian saat memimpin upacara kenaikan pangkat, Jumat (30/12/2016) kemarin.

Pejabat utama yang mengalami kenaikan pangkat antara lain, Kabid Humas Ajun Komisaris Besar Polisi S Erlangga naik menjadi Komisaris Besar Polisi. Pejabat utama lain yang naik pangkat di antaranya Kabid Kum, Kabid Propam, Kabid Dokkes dan Dirlantas serta Kepala SPN Polda Kepri.

Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian saat memimpin upacara kenaikan pangkat, Jumat (30/12/2016) (Foto: Hadli)

"Tantangan ke depan semakin berat, karena semakin tinggi pangkat seseorang, semakin besar dan berat pula tanggung jawab yang yang harus dipikulnya sesuai golongan pangkat masing-masing," tuturnya.

Tanda pangkat yang disandang, tambah Sam, merupakan simbol kualitas kemampuan yang menuntut adanya sikap mental, tingkah laku dan perubahan pola pikir.

Kapolda mengatakan, saat ini perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Kepri terkait dengan pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2016 cukup kondusif.

Penciptaan situasi tersebut tentunya tidak lepas dari upaya yang telah dilakukan secara terus-menerus dalam menggelar berbagai langkah kegiatan yang bersifat pre-emtive, preventif, dan represif (penegakkan hukum).

"Dengan hasil yang ada saat ini jangan lekas berpuas diri. Ke depan dimensi tantangan tugas akan semakin berat dan kompleks. Oleh karena itu berbagai upaya masih perlu dilakukan untuk tetap menjaga serta mempertahankan stabilitas keamanan," ujarnya.

Kapolda juga berpesan kepada seluruh anggota Polri untuk terus mengembangkan ilmu dan keterampilan yang profesional, menjaga kode etik dan etika profesi, ulet dan milikilah mental yang tangguh.

"Tahanlah terhadap godaan dalam perjalanan karier, laksanakan sembilan komitmen moral anggota Polri," kata Sam.

Kenaikan pangkat di jajaran Polda Kepri juga disertai perubahan status honorer menjadi PNS sejumlah staf di Polda Kepri. Sebanyak 52 PNS disumpahkan janji. (Foto: Hadli)

Kenaikan pangkat juga disertai perubahan status honorer menjadi PNS sejumlah staf di Polda Kepri. Sebanyak 52 PNS disumpahkan janji.

Untuk itu, kata Sam, perlu dibina sedemikian rupa, sehingga mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Editor: Udin