Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim WFQR Lantamal IV Gagalkan Rencana Enam Perompak Beraksi di Selat Malaka
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 27-12-2016 | 18:02 WIB
tangkap-perompak-selat-malaka.gif Honda-Batam

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI S Irawan saat menyampaikan rilis penangkapan terhadap perompak di Selat Malaka (Foto: Romi Chandra) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV yang tergabung dalam Unit-1 Jatanrasla, berhasil mengamankan enam orang terduga pelaku jaringan tindak kriminal di laut atau perompak yang akan beraksi di Selat Malaka, Senin (26/12/2016).

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI S. Irawan mengatakan, kawanan perompak ini rencananya akan melakukan aksinya di Selat Malaka.

Mereka berangkat dari Sungai Cantik, Tanjungpinggir, Sekupang, Batam, menyisir ke arah Pulau Buluh sampai ke Pulau Sambu Kecil, dengan tujuan perairan OPL Timur Malaysia menggunakan boat pancung.

Para palaku ini beraksi dengan cara memanjat kapal yang sedang berlayar atau mereka menyebutnya dengan istilah “shooping” di saat cuaca buruk dan gelombang yang tidak bersahabat.

“Dari keenam pelaku, tiga di antaranya adalah pemain lama, yaitu UA, TA, dan L. Sementara tiga lainnya yang merupakan pemain baru berinisial MA, FSL, serta R," ungkap Irawan, Selasa (27/12/2016) sore.

Dilanjutkan, pihaknya semakin meningkatkan pengamanan perairan Kepri mulai dari menjelang libur perayaan Natal hingga tahun baru 2017. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir tindak kejahatan yang mungkin akan dilakukan oleh para pelaku dengan memanfaatkan kelengahan aparat.

"Kita terus mengoptimalkan pengamanan perairan Kepri agar pelaku kejahatan tidak bisa beraksi," pungkasnya.

Editor: Udin