Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trailer Terbalik, Besi Bekas Berhamburan
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 03-10-2011 | 13:54 WIB
Terbalik.gif Honda-Batam

Kondisi truk trailer pengangkut besi bekas yang terbalik di Persimpangan Nexus, Kabil. (Foto: Ali)

BATAM, batamtoday - Sebuah truk trailer bernomor polisi BP 8697 DY terbalik akibat rantai pengikat trailer dengan kontainer putus. Akibatnya puluhan ton besi bekas yang dimuat truk tersebut berhamburan di Persimpangan Nexus, Kabil pada Senin (3/10/2011).

Badan trailer dan kontainer sepanjang 10 meter ini menutupi ruas jalan, sehingga untuk kendaraan tidak dapat menggunakan jalan tersebut dan terpaksa mengantri. Akibatnya terjadi kemacetan sekitar tiga jam .

Ganda Sihotang, sopir trailer menuturkan kalau besi tua seberat hampit 10 ton itu diangkut dari PT Nexus untuk di bawa ke PT EMR Indonesia yang terletak di Tanjung Uncang.

"Awalnya saya tidak tau kenapa, tapi tiba-tiba aja muatan yang saya bawa terbalik," ujar Ganda yang merupakan karyawan jasa angkut PT PBJMU kepada batamtoday.

Ganda menambahkan setelah dirinya turun dan memastikan penyebabnya, ternyata rantai pengikat trailer dengan kontainer putus, sehingga ketika berada di persimpangan hendak belok langsung terbalik.

Dia juga menyebutkan sebelumnya sempat terjadi serempetan antara trailer dengan satu unit truk pengangkut limbah B3. Ketika itu, pada saat trailer penngangkat besi bekas tumbang, tiba-tiba saja truk bernomor polisi BP 9929 ZB memaksakan untuk tetap melewati jalan tersebut. Akibatnya terjadi serempetan antara kedua kendaraan bermuatan berat ini.

"Truk limbah itu memaksakan diri mau melintas, padahal kontainer sudah memakan jalan," pungkas Ganda.