Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Studi Menyatakan Tidak Ada Perokok yang Aman
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-12-2016 | 12:38 WIB
Merokok1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perokok yang merokok satu batang per hari atau kurang, semasa hidup mereka, kemungkinan meninggalnya 1,6 persen lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. Menurut hasil sebuah studi baru, tidak ada perokok yang aman. Merokok sebatang sehari pun bisa memperpendek usia.

 

Para peneliti di Lembaga Kanker Nasional Amerika melakukan studi untuk melihat dampak kesehatan pada orang-orang yang hanya “merokok sedikit.”

Studi itu dipimpin oleh dr. Maki Inoue-Choi, dan disimpulkan berdasarkan daftar pertanyaan yang diisi oleh lebih dari 290.000 orang dewasa yang diadakan oleh Lembaga Kesehatan Nasional Amerika.

"Dalam studi itu, kami mendapati bahwa perokok yang merokok satu batang per hari atau kurang, semasa hidup mereka, kemungkinan meninggalnya 1,6 persen lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. Orang-orang dewasa yang merokok antara satu sampai 10 batang per hari, kemungkinan matinya 1,9 kali lebih tinggi dari non-perokok," kata Inoue-Choi.

Berbagai studi yang menunjukkan buruknya dampak pada kesehatan karena merokok telah diadakan sejak lama, dimulai dengan laporan pejabat tertinggi kesehatan amerika pada tahun 1964.

Sumber: VOA Indonesia
Editor: Yudha