Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ganggu Komunikasi Penerbangan, Siaran Radio Dihentikan
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 16-09-2011 | 14:51 WIB
tower.jpg Honda-Batam

Ilustrasi pemancar radio.

BATAM, batamtoday - Balai Monitor Frekuensi Radio dan Orbit Kelas II Batam menghentikan sementara siaran radio di Batam dengan alasan karena mengganggu komunikasi lalu lintas penerbangan Bandara Hang Nadim, Malaysia dan Singapura. Penghentian sementara siaran radio ini dilakukan hingga Senin (19/9/2011) mendatang.

Kepala Balai Monitor Frekuensi Radio dan Orbit Kelas II Batam, Guntur Hutabarat mengatakan, selain alasan mengganggu komunikasi penerbangan, penghentian siaran radio juga digunakan untuk memeriksa dan mengecek seluruh perangkat siaran radio, baik radio komersil maupun komunitas.

”Seluruh radio di Batam kita periksa, dimana kebocoran perlengkapannya,” ungkapnya.

Menurut dia, selama pemberhentian sementara ini, selain ada pemeriksaan terhadap perlengkapan Balmon juga akan melakukan sosialiasi terkait lalu lintas komunikasi udara. ”Kami sudah melakukan pemberitahuan kepada seluruh radio di Batam, dan dalam lima hari itu akan digelar sosialisasi,” paparnya.

Khusus untuk radio komersil yang lengkap perizinannya namun memiliki kebocoran pada perlengkapan, Balmon meminta agar dalam waktu lima hari itu juga melakukan perbaikan terhadap peralatannya, sehingga tidak berimbas kepada terganggunya komunikasi pesawat udara.