Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fadhilla Usulkan Gedung RSUD Lama Jadi Rumah Sakit Jiwa
Oleh : Gokli/Dodo
Senin | 12-09-2011 | 10:40 WIB
RSUD-Lama.gif Honda-Batam

Gedung RSUD Batam lama yang sudah tak terpakai diusulkan dialihfungsikan menjadi Rumah Sakit Jiwa. (Foto: Gokli)

BATAM, batamtoday - Gedung RSUD Batam lama yang kini tak digunakan lagi diusulkan dijadikan Rumah Sakit Jiwa seiring dengan meningkatnya penderita penyakit kejiwaan di kota industri ini.

"Daripada tidak difungsikan, mending diusulkan agar dijadikan Rumah Sakit Jiwa," kata Fadhilla Ratna Dumila Mallarangan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Batam kepada batamtoday, Senin (12/9/2011).

Fadhilla mengatakan usulan tersebut disampaikan untuk menjawab solusi mendesaknya kebutuhan Rumah Sakit Jiwa di Batam mengingat selama ini penanganan terhadap pasien kejiwaan dilakukan di Rumah Sakit Umum.

Menurut Fadhilla hal ini sangat tidak etis jika penanganan pasien penderita penyakit jiwa digabungkan dengan pasien normal di RSUD.

"RSUD selama ini sudah banyak didatangi pasien penyakit jiwa, lantaran Rumah Sakit Jiwa belum ada mau tidaknya harus tetap dilayani. Kita juga tahu, pasien normal tidak boleh digabung dengan pasien gila," jelasnya.

Walaupun demikian, Fadhilla belum dapat memastikan kapan gedung tersebut dijadikan Rumah Sakit Jiwa, lantaran hal ini masih dalam tahap usulan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riaudan Pemerintahan Kota Batam.

"Saya sudah cek tadi ke sana, kondisi gedung tersebut memang sangat memprihatinkan. Harus segera difungsikan," imbuh Fadilah.