Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lion Air Gagal Mendarat di Hang Nadim
Oleh : ali/ sn
Minggu | 11-09-2011 | 17:01 WIB

BATAM, batamtoday - Cuaca buruk membuat pesawat Lion Air gagal mendarat di Bandara Hang Nadim Kota Batam. Pesawat yang terbang dari Bandara Juanda Surabaya menuju Batam itu, terpaksa mendarat di Bandara Polonia Medan.

Pesawat yang seharusnya mendarat di Batam pukul 14.00 WIB, akhirnya baru bisa mendarat pukul 21.00 WIB setelah sebelumnya mendarat sementara di Medan.

"Dari informasi yang kami terima, dikarenakan cuaca kurang baik sehingga Lion Air mendarat di Medan. Sekarang baru saja sampai di Batam," ujar seorang pegawai Perdaduk Pemko Batam, Sabtu (10/9/2011) pukul 21.00 WIB.

Cuaca buruk di wilayah Batam juga membuat maskapai lain seperti Citylink mengalami keterlambatan. Citylink dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng tampak terlambat kedatangannya di Hang Nadim.  

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam, Agus, mengatakan bahwa keterlambatan penerbangan dengan tujuan Batam dikarenakan hujan lebat disertai angin kencang dan kabut.

"Ketika itu jarak pandang (visibility) hanya 100 meter, sehingga tdak memungkinkan untuk pendaratan," katanya kepada batamtoday, Minggu (11/9/2011).

Namun Agus menuturkan, kabut yang muncul bukan dikarenakan faktor asap kiriman, akan tetapi faktor hujan lebatlah yang menimbulkan kabut. "Asap dari Lampung dan Palembang ke daerah Kepri belum terganggu oleh asap, karena angin masih bertup dari tenggara," terangnya.