Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Tanjungbalai Diminta Jaga Toleransi dan Kebhinnekaan
Oleh : Irawan
Minggu | 31-07-2016 | 08:59 WIB
zulkifli_hasan.jpg Honda-Batam

Ketua MPR Zulkifli Hasan 

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kerusuhan berujung pembakaran rumah ibadah terjadi di Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (30/7/2016) dini hari. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyesalkan terjadinya aksi tersebut.

"Saya menyesalkan terjadinya kerusuhan di Tanjungbalai. Hal seperti ini tak boleh terjadi lagi," ujar Zulkifli Sabtu (30/7).

Zulkifli mengatakan, Indonesia selama ini dikenal dengan toleransi dalam keberagamannya.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang saling menghormati dalam perbedaan. Apapun latar belakang suku maupun agamanya, kita adalah satu Bangsa Indonesia," kata Zulkifli.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan tetap menahan diri.

"Mari kita hidup berdampingan secara damai. Merajut kebhinekaan merupakan tugas kita bersama. Kita akan menjadi bangsa yang kuat kalau kita menghargai keragaman," katanya.

Kerusuhan di Tanjungbalai terjadi Jumat malam kemarin ketika sekumpulan orang merusak sejumlah wihara, kelenteng dan bangunan yayasan sosial serta membakar beberapa kendaraan. Saat ini, Polres Tanjungbalai dan TNI, tokoh masyarakat dan agama setempat telah mampu mengendalikan situasi keamanan di kota itu.

Editor: Surya