Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Roro Tujuan Jagoh Dabosingkep Berangkat Lebih Awal

Ratusan Penumpang Kapal Roro Terlantar di Pelabuhan Telaga Punggur
Oleh : Nur Jali
Minggu | 03-07-2016 | 09:30 WIB
penumpang_terlantar.jpg Honda-Batam

Ratusan penumpang memprotes ASDP karena Kapal Roro tujuan Telaga Punggur Batam-Jagoh Daboingkep diberangatkan lebih awal dari jadwal (Foto: BATAMTODAY.COM/Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Penumpang Kapal Roro tujuan Telaga Punggur, Batam - Jagoh, Dabosingkep mengamuk ke pihak ASDP karena memberangkan kapal lebih awal dari jadwal yang sudah ditetapkan. Sehingga menyebabkan mereka menjadi terlantar di pelabuhan.

Tak urung kericuhanpun terjadi lantaran kecewa dengan terhadap kebijakan ASDP, yang tidak ada pemberitahuan tersebut.

Salah satu penumpang, Arnel mngatakan, Kapal Roro tersebut harusnya berangkat pada pukul 18.00 WIB seperti hari dan jadwal yang telah ditetapkan. Namun, mendadak ASDP mengambil keputusan sepihak tanpa ada pemberitahuan memberangkatkan kapal awal, yakni pada pukul 13.00 WIB.

"Kami sudah membeli tikat biasanya Jam 18.00 sore. Tapi kami sampai di pelabuhan kapalnya sudah berangkat, kami jadi terlantar di pelabuhan," kata Arnel saat dihubungi BATAMTODAY.COM.

Akibat dari jadwal yang tidak sesuai tersebut, ratusan penumpang yang akan menuju ke Dabosingkep, terlantar di Pelabuhan Roro Telaga punggur Batam. Mereka minta pemerintah daerah setempat mengatasi masalah ini, mengingat Kapal Roro tersebut sangat dibutuhkan masyarakat Lingga karena harga tiketnya terjangkau.

"Kita minta pemerintah berikan solusi, kalau naik kapal reguler biayanya mahal, tapi bakal banyak yang batal mudik," jelasnya.

Menanggapi hal ini, pihak ASDP belum bisa dikonformasi. Sedangkan Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Lingga Rahadi juga tidak mengetahui perihal keberangkatan Kapal Roro tersebut lebih awal.

"Kita juga tidak tahu ada perubahan jam berangkat, tadi sempat kita konfirmasi mereka bilang sudah berlayar," kata Rahadi.

Editor: Surya