Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lapas Narkotika Tanjungpinang Bagikan Perlengkapan Mandi, Penuhi Hak Dasar Warga Binaan
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 11-10-2024 | 12:04 WIB
Perlengkapan-Mandi.jpg Honda-Batam
Kepala Lapas Narkotika Tanjungpinang, Bejo, saat membagikan perlengkapan mandi kepada warga binaan, Jumat (11/10/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang kembali menunjukkan komitmennya dalam memenuhi hak dasar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pada Jumat (11/10/2024), Lapas membagikan perlengkapan mandi kepada seluruh warga binaan sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan dan kesehatan mereka selama menjalani masa hukuman.

Kepala Lapas Narkotika Tanjungpinang, Bejo, menegaskan pembagian perlengkapan mandi ini merupakan program rutin yang menjadi bagian dari pelayanan dasar. "Kami berusaha memberikan yang terbaik, termasuk memastikan setiap warga binaan mendapatkan peralatan mandi yang penting untuk kebersihan dan kesehatan," ujar Bejo.

Peralatan mandi yang dibagikan meliputi sabun, sikat gigi, dan pasta gigi, yang didistribusikan secara merata kepada seluruh warga binaan. Inisiatif ini tak hanya menjaga kebersihan pribadi, tetapi juga menjadi langkah preventif dalam mencegah penyebaran penyakit akibat buruknya sanitasi.

Warga binaan menyambut baik pembagian ini. Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya menyampaikan rasa terima kasihnya. "Ini sangat membantu kami dalam menjaga kebersihan diri. Dengan fasilitas yang diberikan, kami merasa lebih nyaman dan sehat selama di sini," katanya.

Selain itu, Lapas Narkotika Tanjungpinang secara berkala menggelar sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai bagian dari proses rehabilitasi. Harapannya, program ini tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik warga binaan, tetapi juga mempersiapkan mereka agar lebih siap secara mental dan fisik saat kembali ke masyarakat.

Editor: Gokli