Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran

27 PNS Pemko Batam Mangkir
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 05-09-2011 | 16:34 WIB
PNS_kecil.jpg Honda-Batam

Ilustrasi - PNS sedang mengikuti apel pertama usai pasca libur lebaran (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Idul fitri 1432 H di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam tercatat sebanyak 27 pegawai negeri sipil (PNS) mangkir alias tidak masuk kerja tanpa keterangan.

"Kalau dihitung tingkat kehadiran di hari pertama ini sebesar 98%," kata Salim, Kabag Humas Pemko Batam kepada batamtoday di ruang kerjanya, Senin (5/9/2011).

Selain 27 PNS yang mangkir, masih banyak pegawai pegawai yang belum masuk kerja di hari pertama ini dengan alasan lain seperti masih cuti, sakit, izin, izin dinas dan izin belajar. PNS yang tidak hadir sebanyak 94 orang dari total 2.438 pegawai di Pemko Batam.

Salim menambahkan, PNS yang tidak hadir dalam apel gabungan yang digelar Pemko Batam yang dihadiri Wali Kota Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Rudi dan Sekda Agussahiman ini akan ditindaklanjuti oleh Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam tentang ketidakhadiran pegawai tersebut.

"Ketidakhadiran akan ditindaklanjuti secara bertahap mengapa mereka tidak masuk bekerja, jika benar melanggar dan kesalahan akan diberi sanksi sesuai peraturan," terangnya.

Namun dari angka tersebut, lanjut Salim, mengalami penurunan drastis dari tahun sebelum dimana pada pasca-libur lebaran 2010 tercatat sebanyak 67 PNS yang tidak hadir.

Dalam apel gabungan yang digelar di Lapangan Engku Putri, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan berpesan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terutama pada kantor-kantor pelayanan utama.

"Pelayanan kepada masyarakat harus menjadi prioritas utama di hari pertama kerja ini," pungkas Salim.