Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perbedaan 1 Syawal Tak Pengaruhi Semangat Warga Batam ber-Idul Fitri
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 01-09-2011 | 12:24 WIB
sholat-idul-fitri-masjid-ra.gif Honda-Batam

Suasana shalat Ied di Masjid Raya Batam.

BATAM, batamtoday - Perbedaan 1 Syawal 1432 Hijriah yang terjadi pada penentuan Idul Fitri tahun ini tidak mempengaruhi semangat warga Batam untuk menggelar perayaan hari besar umat Islam itu.

"Buktinya kemarin peserta shalat Ied di Engku Putri membludak. Belum lagi, dengan shalat Ied yang digelar di tempat lain," kata Muslim Ahmad, Imam Masjid Raya Batam saat batamtoday bersilaturrahim dengannya pada Kamis, 1 September 2011.

Menurut Muslim perbedaan itu selayaknya dijadikan sebagai rahmat dan jangan dijadikan hal yang memperuncing situasi. Tingginya semangat warga dalam mengikuti shalat Ied meski dalam situasi lapangan yang basah akibat hujan menjadi bukti umat Muslim di Batam tidak terpengaruh dengan perbedaan itu.

Muslim sendiri dalam kesempatan shalat Ied menjadi imam dengan khatib adalah Razali Jaya, kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau.  

Dalam ceramahnya, Razali mengajak umat Muslim Kota Batam tetap menjaga kepedulian terhadap sesama seperti yang ditunjukkan saat Ramadhan. Dimana segala kebaikan yang telah dilakukan pada Ramadhan agar tetap dipertahankan setelah Ramadhan.

"Selama Ramadan kita sukses menahan nafsu, sukses menahan lapar, sukses meningkatkan kesabaran, hal tersebut harus terus dijaga dan ditingkatkan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Batam dalam sambuatannya mengatakan agar seluruh warga Batam sama-sama membangun untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Batam sendiri.