Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mudik Lebaran 2011

Tak Ada Toleransi untuk Calo Tiket
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 20-08-2011 | 14:36 WIB
Konter-Tiket-Pelabuhan-Seku.gif Honda-Batam

Konter tiket di Pelabuhan Sekupang. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Praktek percaloan tiket biasanya marak memanfaatkan momen mudik lebaran. Untuk itu bagi para penumpang diharapkan agar tidak terpedaya dengan bujuk rayu calo dan membeli tiket di konter-konter operator yang tersedia. Apabila didapati adanya percaloan tiket akan langsung ditindak tegas.

"Kalau ada calo langsung kita sikat. Kita bekerjasama dengan aparat Kepolisian dan TNI siap untuk mengamankan. Tak ada toleransi untuk calo tiket," ujar Erwin, Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Sabtu, 20 Agustus 2011.

Sementara itu, sekretaris DPC Indonesian National Shipowners Association (INSA) Batam, Azhar mengingatkan kepada calon penumpang agar membeli tiket di konter-konter operator fery dengan harga normal dan jangan sampai tertipu dengan calo yang menjual tiket dengan harga yang sangat tinggi.

Biasanya, kata Azhar, prakteknya, para calo membeli tiket dengan jumlah yang banyak secara bergantian, beli 6 sampai 10 tiket per orang untuk tanggal dimana ramai penumpang yang akan mudik. Lalu tiket tersebut akan dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi. Bagi calon penumpang yang sangat membutuhkan tiket pasti akan membelinya.

"Calon penumpang jangan sampai tertipu oleh calo, beli tiket ke konter langsung," kata Ashar.

Dia juga mengatakan agar para penumpang tidak membawa barang dalam jumlah yang terlalu banyak dan sebaiknya bawa barang di bawah berat 20 kilogram. 

"Apabila beratnya melebihi, barang tersebut tidak diperkenankan naik ke kapal," pungkasnya.