Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga H-13 Jelang Lebaran

Penukaran Uang di Bank Indonesia Batam Capai Rp450 Miliar
Oleh : Ali/Dodo
Jum'at | 19-08-2011 | 13:31 WIB
Bank_Indonesia_Batam.jpg Honda-Batam

Kantor Bank Indonesia cabang Batam. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Penukaran uang kartal yang dilakukan oleh bank dan masyarakat umum di Bank Indonesia Batam hingga H-13 jelang Lebaran Idul Fitri mencapai Rp450 miliar.

"Kita prediksikan hingga H-1 Lebaran, penukaran uang akan mencapai Rp1,1 triliun," ujar Jhonson Pasaribu,  Deputi Pemimpin Bidang SPMI dan Perbankan BI cabang Batam, Kepulauan Riau (Kepri)  kepada batamtoday, Jumat, 19 Agustus 2011.

Jhonson mengatakan jumlah penukaran uang dalan jumlah kecil menjelang Idul Fiitri meningkat drastis dari hari-hari biasa dengan pencapaian hingga Rp200 miliar per hari untuk tingkat perbankan.

Dia menambahkan untuk mengatasi lonjakan penukaran uang yang dilakukan masyarakat umum, BI bekerja sama dengan 7 bank umum akan membuka konter khusus untuk melayani penukaran uang.

Untuk jumlah penukaran yang dibutuhkan masyarakat umum, Jhonson mengatakan berkisar dari Rp1 juta hingga Rp5 juta dengan pecahan bervariasi yakni dari Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1 ribu.

"Tapi jumlah yang banyak ditukar oleh masyarakat umum uang pecahan Rp2 ribu dan Rp1 ribu. Sedangkan untuk jumlah pecahan R 20 ribu hingga Rp1 ribu jumlahnya tidak terbatas, berapapun yang diminta atau dibutuhkan akan kami siapkan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana masyarakat dapat melakukan penukaran hingga Rp1 juta, untuk tahun ini kami batasi cuma Rp 500 ribu," terangnya

Tambahnya, batas waktu penukaran di BI hingga H-1 menjelang lebaran. Katanya juga untuk bank-bank umum biasanya masih buka saat lebaran tapi hanya melayani penyetoran nasabah saja.

Jhonson juga menghimbau agar bank yang memiliki Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menyiapkan dana lebih agar mempermudah masyarakat pada saat penarikan.