Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Angkutan Penumpang Harus Layak Berlayar

Dit Polair Polda Kepri Siapkan 15 Kapal Patroli Pengamanan Mudik Lebaran
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 18-08-2011 | 15:56 WIB
KPP.gif Honda-Batam

Salah satu Kapal Patroli Polisi yang dipersiapkan untuk mendukung pengamanan mudik Lebaran 2011. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Ditpolair Polda Kepri akan menyiapkan 15 armada kapal patroli untuk pengamanan arus mudik lebaran yang ditempatkan di pelabuhan-pelabuhan. Jika ada kapal yang melanggar aturan maka polisi akan langsung menangkap dan menindak tegas.

Hal itu dikatakan oleh Dirpolair Polda Kepri, Kombes Yassin Kosasih dalam rapat koordinasi mudik lebaran bersama dengan sejumlah pengusaha angkutan pelayaran di Dit Polair Polda Kepri pada Kamis 18 Agustus 2011.

Yassin menjelaskan kapal patroli tersebut akan ditempatkan di pelabuhan yang ada di Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjungpinang, Lingga dan di perairan Bintan. Patroli tersebut akan berjaga-jaga di tempat yang telah ditentukan tujuh hari menjelang lebaran yang merupakan puncak arus mudik.

"Kalau untuk Batam sendiri kapal patroli ditempatkan di tiga titik yaitu di Sekupang, Punggur dan di Galang," ujar Yassin.

Yang akan diperhatikan dalam angkutan mudik lebaran, kata Yassin adalah kondisi kapal dalam keadaan siap untuk berlayar. Kapal juga harus dilengkapi dengan life jacket untuk keselamatan para penumpang apabila terjadi insiden dalam pelayaran serta jumlah penumpang yang bisa diangkut tidak boleh melebihi kapasitas dari kapal tersebut juga untuk kenyamanan pelayaran.

"Kalau misalnya kondisi kapal tidak layak atau penumpangnya berlebihan maka akan kita kejar dan langsung cabut ijin berlayarnya," ujar Yassin.