Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengamanan Mudik Lebaran

Pelabuhan Sekupang Dijaga Tim Terpadu
Oleh : roni ginting/ sn
Senin | 15-08-2011 | 12:56 WIB
pelabuha__sekupang.jpg Honda-Batam

Suasana Pelabuhan Sekupang

BATAM, batamtoday - Pelabuhan Sekupang bakal dijaga tim terpadu pada hari-hari menjelang hari raya Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Kapolsek Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) AKP Dasrul, mengatakan, keamanan di peluhan Sekupang
akan ditingkatkan, khususnya seminggu sebelum lebaran, karena akan terjadi lonjakan penumpang.

Untuk keamanan dan kenyamanan penumpang, telah dibangun pos pelayanan terpadu yang akan dijaga
oleh tim terpadu. Pihak kepolisian juga akan menambah personel di setiap pelabuhan-pelabuhan.

Dijelaskannya, selama dua minggu pertama lebaran tidak terjadi kenaikan jumlah penumpang atau masih normal. Biasanya arus mudik terjadi pada H-7 lebaran. Untuk pengamanan, akan dibangun pos
pelayanan lebaran terpadu.

"Pos pengamanan pelayanan lebaran akan dijaga oleh tim terpadu dari Polisi, TNI, Dinas perhubungan dan lainnya. Masyarakat yang mengalami kendala atau masalah bisa mengadu kesana," kata Dasrul kepada batamtoday, Senin 15 Agustus 2011.

Secara umum, pengamanan pelabuhan tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Personel akan dikerahkan dari anggota KKP sendiri dan dibantu oleh anggota dari Polresta Barelang. Apabila belum cukup, akan dikerahkan pasukan dari Polda Kepri serta Brimob. Di setiap pelabuhan akan dijaga 175 personel polisi.

"Sebagian personel akan jaga di pelabuhan-pelabuhan, sebagian lagi stand by apabila dibutuhkan, kita lebih fleksibel saja," terang Dasrul.

Sementara itu, di pelabuhan Beton Sekupang puncak arus mudik Batam-Jakarta akan terjadi pada tanggal 24 Agustus nanti. Sedangkan dari Batam ke Medan, terjadi pada tanggal 27 dan 28 Agustus.
"Personel kita cukup untuk mengamankan lebaran di semua pelabuhan," katanya.