Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Dibangun Batu Miring

Kampung Monos Karimun Selamat dari Abrasi Pantai
Oleh : Nursali
Selasa | 23-02-2016 | 19:25 WIB
20160223_114848.jpg Honda-Batam
Batu miring yang dibangun perusahaan, sekitar Kampung Monos (Foto : Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kampung Monos, Teluk Lekup Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun untuk sementara waktu selamat dari ancaman abrasi yang telah menggerus daratan di sepanjang bibir pantai tersebut.

Bebasnya kampung ini dari ancaman itu dikarenakan perusahaan yang beroperasi dikawasan Desa tersebut membangun batu miring dibibir pantai.

"Kurang lebih udah 3 minggu la Bang, batu ini dibangun. Alhamdulillah untuk sementara aman lah," kata Juju warga Kampung Monos, Teluk Lekup Desa Pongkar Lecamatan Tebing kepada BATAMTODAY.COM di Desa tersebut. Selasa (23/2/2016)

Ditempat terpisah, Kepala Desa Pongkar, Zahir A.R mengatakan, pasca abrasi yang menggerus daratan kampung tersebut, dirinya berinisiatif meminta bantuan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah yang dipimpinnya.

"Kalau tunggu pembangunan dari Desa tentu lama, makanya saya minta tolong sama perusahaan agar dibangun batu miring di kampung itu," ungkap Zahir.

Ia menambahkan, selain menyelamatkan 15 kepala keluarga (KK) beserta rumah, upaya ini dilakukan untuk menyelamatkan peninggalan-peninggalan bersejarah.

"Ada satu kuburan tertua di Karimun ini yang harus kita pelihara," pungkasnya.


Editor : Udin