Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akhirnya BPBD Lingga Evakuasi 33 KK Korban Banjir di Desa Batu Berdaun
Oleh : Nur Jali
Selasa | 09-02-2016 | 09:38 WIB
IMG-20160208-00880.jpg Honda-Batam
BPBD Lingga Akhirnya Evakuasi 33 KK Korban Banjir di Kampung Boyan Desa Batu Berdaun (Foto : Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga akhirnya turun ke lokasi tempat terjadinya banjir di Kampung Boyan dan Kampung Baru, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep untuk melakukan evakuasi terhadap 33 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terkena musibah banjir.

Abdul Khatab Ketua BPBD Kabupaten Lingga mengatakan, pihaknya bersama Tagana (Taruna Tanggap Bencana) telah mengevakuasi 33 kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir dan tertimbun pasir pantai. Meskipun terlambat, evakuasi yang berlangsung petang tadi dibantu oleh warga sekitar.

"Kita bangun tenda evakuasi petang ini juga, jadi warga akan diungsikan ke tenda sementara. Mereka juga diberikan bantuan dari BPBD dan Dinas Sosial," kata Abdul Katab kepada BATAMTODAY.COM, Senin (8/2/2016).

Selain itu, untuk korban Indah yang tersengat listrik masih dalam perawatan dan pengawasan dari pihak BPBD. Beberapa warga yang mengeluh sakit, juga dibawa ke RSUD untuk diberikan pelayanan kesehatan.

"Yang tersengat masih di RSUD, dirawat dan akan kita pantau terus. Warga yang sakit lainnya juga kita bawa ke Puskesmas terdekat dan RSUD untuk dirawat," ungkapnya.

Sementara itu, beberapa wilayah di Kabupaten Lingga lainnya yang juga mengalami kebanjiran saat ini terus dilakukan pemantauan oleh BPBD Kabupaten Lingga, termasuk daerah-daerah di Kecamatan Lingga dan beberapa wilayah lainnya.

"Kita juga terus memantau, kalau nanti sudah seperti yang di Kampung Boyan ini, maka akan kita evakuasi. Untuk saat ini beberapa wilayah meskipun banjir, tapi masih belum membutuhkan evakuasi," ungkapnya.

Kepala BPBD ini juga berharap agar masyarakat yang membutuhkan evakuasi agar lebih intensif berkomunikasi dengan pihak BPBD, sehingga tim dari BPBD akan segera turun ke lokasi untuk membantu.

"Kita juga bekerjasama dengan Dinkes, Tagana, Dinsos dan beberapa instansi terkait untuk membantu, baik dari segi kesehatan maupun kondisi lainnya," jelasnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, beberapa wilayah yang saat ini digenangi air di wilayah Singkep dan Singkep Barat diantaranya Desa Batu Berdaun, Sungai Lumpur, Bukit Abun, Dabolama, Bukit Belah dan Air Merah. Untuk wilayah Lingga diantaranya Kampung Tanda, Kampung Gelam, Kampung Mentok, Kampung Bugis, Melukap, Panggak Laut dan Nerekeh.


Editor : Udin