Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lampu Runway Padam

Hang Nadim Ditutup, Penumpang Mengamuk
Oleh : Hadli
Minggu | 07-02-2016 | 20:02 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai pukul 18.00 WIB pada Minggu (7/2/2016), akan ditutup. Penutupan sementara dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada pesawat yang akan landing dan take off di runway.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, kerusakan terjadi pada instrumen landing sistem sejak sorso "Lampu runway padam. Alat itu untuk pendaratan pesawat," ujar sumber media ini, Minggu (7/2/2016). 

Akibat penutupan sementara bandara, keributan tidak terhindar lagi. Calon penumpang mengamuk lantaran gagal terbang. "Banting meja, bahkan kursi melayang,"  kata Siska, salah satu penumpang transit dari Pekanbaru tujuan Palembang transit Batam di Bandara Hang Nadim Batam. "Yang mengamuk ibu-ibu semua karena gagal Imlek," tambah dia. 

Berdasarkan papan monitor di jadwal keberangatakan yang dibatalkan ada penerbangan pesawat Citilink Flight QG-845 Batam tujuan Jakarta pada pukul 18.10 WIB. Lion Air Flight JT 138 tujuan Jambi pukul 18.20 WIB. Hampir tujuan Jambi pukul 18.45 WIB. 

"Hanya penumpang transit seperti kami yang mendapat fasilitas penginapan. Kalau yang gagal terbang sepertinya tidak ada. Tiketnya masih bisa digunakan besok sesuai jadwal masing-masing," kata Nely sembari mengatakan belum mendapat makan. 

Sedangkan jadwal kedatangan diantaranya pesawat yang gagal mendarat di Batam diantaranya flight Namair dari Kualanamu Medan pukul 17.20 WIB. Citilink dari Jakarta 17.40 WIB. LionAir dari Padang pukul 17.50 wib. Citilink dari Padang pukul 19.10 WIB, Citilink dari Palembang pukul 19.40 WIB. Citilink dari Semarang pukul 19.40 WIB. 

Pantauan BATAMTODAY.COM, hingga saat ini calon penumpang diarahkan petugas loby pintu keberangkatan ke bawah untuk konfirmasi di customer servis yang tersedia masing-masing maskapai. 

Sementara penumpang yang transit sebelum masing-masing maskapai menjemput untuk penumpangnya untuk dibawa ke penginapan diarahkan di loby dalam lantai pertama bandara. 

Hingga berita ini diunggah otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam belum bersedia memberikan komentar terkaait peristiwa itu. Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso enggan menjawab ketika dikonfirmasi

Editor: Surya