Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaga NKRI

Morotai Layak Jadi Pangkalan Militer TNI
Oleh : Surya Irawan
Jum'at | 05-08-2011 | 15:49 WIB
DSC_1863.JPG Honda-Batam

Anggota Komisi I DPR Teguh Juwarno saat RDP dengan Pangdam XVI Patimura, Danlanal Maluku Utara dan Danlanud Morotai

JAKARTA, batamtoday - Komisi Pertahaan DPR menilai, Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara layak dijadikan Pangkalan Militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari gangguan ancaman agresi dari negara tetangga.

Sebab, letak geografis sangat strategis terletak di Samudera Pasifik yang berbatasan dengan negara tetangga Asia Timur, jalur utama perdagangan ke Australia dan Selandia Baru.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I yang membidangi Pertahanan Teguh Juwarno dari F-PAN saat melakukan RDP dengan Pangdam XVI Pattimura, Danlanal Maluku Utara dan Danlanud Morotai dalam rangkain kujungan kerja ke Provinsi Maluku Utara beberapa waktu lalu.

"Sebabagi  pulau terdepan dan wilayah pintu gerbang masuk Indonesia melalui Samudera Pasifik, bertetangga dengan Asia Timur, dan berada pada jalur utama menuju Australia dan Selandia maka Morotai layak dijadikan pangkalan militer TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI," kata Teguh di Jakarta, Jumat (5/8/2011).

Menurut Teguh, Pulau Morotai merupakan wilayah pulau terdepan dari NKRI pernah pernah dipilih Amerika serikat untuk menjadi lokasi pangkalan militer mereka dalam menghadapi Jepang selama PD II. Sehingga tidak ada salahnya, jika Moratai dijadikan pangkalan milter TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

"Selain pernah dijadikan pangkalan militer untuk menghadapi Jepang, lokasinya juga strategis sehingga Komisi I akan mendorong Pulau Morotai dapat dijadikan Pangkalan Militer oleh TNI,” kata politisi PAN ini.