Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Aksi Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil Terjadi di BCS Mall
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 22-12-2015 | 15:50 WIB
pecah-kaca-bcs.jpg Honda-Batam
Toyota Avanza putih bernomor polisi BP 1093 FH yang pecah kaca bagian kiri belakang usai dibobol maling di BCS Mall. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi pencurian bermodus pecah kaca mobil kembali terjadi di dalam kawasan BCS Mall. Kali ini, pelaku yang mengendarai mobil berhasil membawa kabur tas ransel berisi laptop dan iPad milik Riza Indrawan Wibowo, di dalam mobil Toyota Avanza putih bernomor polisi BP 1093 FH, Selasa (22/12/2015) siang, sekitar pukul 11.15 WIB.

Ditemui di Mapolsek Lubukbaja saat membuat laporan, Riza mengakatakan, kejadian baru ia ketahui setelah selesai belanja. Tas tersebut memang ia simpan di mobil karena hanya ingin belanja sebentar saja.

"Saya ada keperluan di Batam dan menginap di i Hotel dekat BCS bersama seorang rekan saya, Harijanto Wilopo. Mobil ini kami sewa untuk bepergian selama di Batam," kata Riza.

Diceritakan Riza, ia masuk ke dalam kawasan mall sekitar pukul 11.11 WIB dan memarkirkan mobil di halaman mall dekat pintu 2. Kejadian tersebut baru ia ketahui sekitar pukul 11.40 WIB setelah selesai belanja dan berniat kembali ke hotel.

"Kalau dari rekaman CCTv mall, pelaku beraksi sekitar pukul 11.15 WIB. Mereka mengendarai mobil dan berjumlah dua orang," terangnya.

Dalam rekaman tersebut, mobil diberhentikan tepat di belakang mobil korban, dan salah satu pelaku turun daan memecahkan kaca bagian tengah sebelah kiri. Kemudian dengan sigap pelaku mengambil tas korban dan masuk kembali ke dalam mobil dan melaju keluar mall dengan santai.

Diduga, pelaku sudah membuntuti korban, karena ia baru keluar bank dan langsung menuju ke BCS Mall. "Kami tidak menyadari kalau ada yang mengikuti. Memang kami baru keluar dari bank, tapi hanya memgambil uang sebatas keperluan saja dan tidak menyimpan di dalam tas," lanjutnya.

Aksi tersebut juga terlihat salah seorang petugas parkir di sekitar lokasi. Ia melihat kalau pelaku sudah membuntuti mobil korban. Diterangkan tukang parkir tersebut, pelaku yang mengendarai mobil sejenis Toyota Avanza awalnya berhenti di belakang mobil korban untuk menandai lokasi parkirnya.

Kemudian pelaku kembali melaju mengitari halaman mall dan kemudian berhenti di belakang mobil serta melancarkan aksi. "Saya lihat yang turun itu sopirnya dan langsung mendekati mobil. Kaca mobil langsung dipecahkan dan tasnya diambil. Yang saya lihat hanya nomor polisi mobilnya, yakni BP 1012 HI, tapi tidak perhatikan jenis mobilnya apa," terangnya.

Terpisah, Kapolsek Lubukbaja, Kompol I Dewa Nyoman ASN, mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. "Sedang kita kembangkan. Korban sendiri sekarang sedang diperiksa penyidik," ungkapnya singkat.

Editor: Dodo