Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Lantik Lima Pimpinan KPK Periode 2015-2019
Oleh : Redaksi
Senin | 21-12-2015 | 21:10 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima pimpinan KPK periode 2015-2019 di Istana Negara, Jakarta, setelah disahkan Rapat Paripurna DPR pada Jumat (18/12/2015) hasil fit and proper test Komisi III DPR.

"Berdasarkan Kepres No. 133/P Tahun 2015 tantang pengangkatan pimpinan KPK," kata Sekretaris Militer Presiden saat membacakan Keppres, Senin (21/12/2015).

Kelima pimpinan KPK itu adalah Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Laode Muhammad Syarif, dan Saut Situmorang yang dipilih oleh Komisi III DPR. Dari hasil voting juga, terpilih Agus Rahardjo sebagai ketua KPK. Mereka membacakan sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi dan Wapres JK.

Keppres tersebut mulai berlaku saat pengucapan sumpah. Setelah pengambilan sumpah, kelima pimpinan KPK tersebut satu persatu menandatangani berita acara. Penandatangan berita acara disaksikan di depan Presiden Jokowi.

Lima pimpinan KPK yang baru ini menggantikan pimpinan KPK sebelumnya yakni Taufiequrrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, Johan Budi SP, Zulkarnain, Adnan Pandu Praja yang sudah habis masa jabatannya.

Sejumlah pejabat yang hadir adalah Wapres Jusuf Kalla, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri LHK Siti Nurbaya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Agus Hermanto. Ketua KPU Husni Kamil Manik dan pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.

Editor: Surya