Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Cyber Italia Kebobolan Dokumen Rahasia Dicuri Hacker
Oleh : Magid
Selasa | 26-07-2011 | 10:00 WIB
cnaipic-500-110x110.jpg Honda-Batam

Pusat kontrol komputer pemerintah Italia, CNAIPIC. (Foto: AP)

ROMA, batamtoday - Polisi Cyber Italia kembali dibuat kualahan dengan ulah hacker Anonymous. Kali ini, kelompok hacker yang mulai disegani di seantero Dunia itu berhasil membobol Pusat Penanggulangan Kejahatan Cyber dan Pengawasan Infrastruktur Komputer, Italia, (CNAIPIC) sekaligus mencuri data rahasia yang tersimpan didalamnya.

CNAIPIC selama ini dikelola Polisi Cyber Italia untuk mengawasi sejumlah infrastruktur jaringan internet di Negeri Pizza itu.

Hacker Anonymous dalam rilisnya, mengaku telah mempublikasikan data rahasia di sejumlah situs jaringan.

Dari penelusuran batamtoday di Anonplus, Selasa, 26 Juli 2011, hacker Anonymous mengklaim serangan terhadap CNAIPIC merupakan balasan dari penangkapan sejumlah aktivis hacker Anonymous yang berada di Italia beberapa waktu lalu.

"Kami merilis data ini dari sumber yang berhasil menyalinya dari CNAIPIC," tulis rilis Anonymous.

Dokumen rahasia tersebut berisi tentang struktur manajemen CNAIPIC, gambar staf berserta nama. Tidak hanya itu, dalam publikasinya, data yang berhasil diambil alih juga mengungkapkan informasi tentang kantor-kantor pemerintah, kondisi Departemen Pertahanan Australia, Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS), serta sejumlah perusahaan rakasasa seperti Exxon Mobil.

Sampai dengan saat ini, belum ada komentar resmi dari SNAIPIC Italia terkait dengan kebocoran data rahasia tersebut.