Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satpol PP Robohkan Puluhan Rumah di Sagulung
Oleh : gokli/ sn
Senin | 25-07-2011 | 19:41 WIB
z_puing.JPG Honda-Batam

Puing-puing rumah yang dirobohkan Satpol PP Kota Batam. batamtoday/ gokli

BATAM, batamtoday - Puluhan rumah, yang terletak di Simpang Hutatap sampai pasar Mandalay, Sagulung, dirobohkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Senin (25/7/2011).

Seperti diketahui, rumah-rumah yang berlokasi di sepanjang jalan, dari Simpang Hutatap sampai pasar Mandalay, Sagulung, sudah direncanakan akan digusur untuk kepentingan pelebaran jalan.  

Ratusan anggota Satpol PP yang melakukan penggusuran, merobohkan semua rumah dalam sekejap. Terhitung sejak pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.45 WIB.

Para pemilik bangunan ini, sebelumnya sudah mendapat surat peringatan untuk penggusuran namun para penghuni masih belum membongkar bangunannya. Mereka tidak mau pindah. "Saat digusur kami pasrah saja," ungkap Sitanggang, warga yang ditemui batamtoday di lokasi kejadian.

Kini, setelah rumah itu digusur oleh Satpol PP, sebagian dari penghuni tersebut membangun kembali rumahnya, berjarak sekitar satu meter dari tempat yang sudah digusur.

Dari beberapa pemilik rumah mengaku, mereka terpaksa harus membangun kembali karena rumah yang ditempatinya merupakan tempat tinggal sekaligus tempat usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Ganti rugi tidak ada. Kami tidak sanggup kalau sewa rumah kontrakan," ujar seorang pemilik rumah, yang sedang membangun kembali rumahnya.