Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cukong Imigran Srilanka Masih Buron
Oleh : Carles/Magid
Rabu | 13-07-2011 | 17:59 WIB
Kapal_MV.Alicia_yang_digunakan_Imigran_Gelap_WN.Srilanka.JPG Honda-Batam

Kapal MV Alicia yang digunakan 87 imigran asal Srilanka. (Foto: Carles)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Terkait penangkapan 87 imigran asal Srilanka oleh Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda Kepri, hingga kini, Zainal seorang warga negara Malaysia, yang sebelumnya diduga menjadi cukong, statusnya masih buron.

Demikian dikatakan Direktur Polair Polda Kepri, Kombes Yassin Kosasih, dalam keteranganya di depan media.

"Untuk warga negara Malaysia inisial Zl, sampai saat ini masih terus kita buru, dengan melakukan koordinasi di Internal Polri dan Imigrasi,"ujarnya, Rabu, 13 Juli 2011.

Sejalan dengan pemberitaan batamtoday sebelumnya, Zainal merupakan orang yang sempat menghubungi komandan KP Antasena, Kompol Heri, dan memintanya untuk melepaskan semua imigran. Meski pada akhirnya ditolak.

Selain memburu Zainal, Dit Polair juga memburu pemilik kapal MV Alicia sesuai dengan pengakuan perwakilan imigran, Makesus Selvakumaran saat mediasi dengan Imigrasi dan Dit Polair, beberapa hari lalu.

"Pelacakan terhadap pemilik kapal, yang menurut pengakuaan Maxesus Selvakumaran di beli dari Jakarta. Dari pengakuan mereka (Makesus) merupakan milik PT Adhiguna Nusantara yang sebelumnya bernama Adrian 4," ujar Yassin Kosasih.