Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontingen STQ Tanjungpinang Berangkat ke Natuna Pakai Kapal
Oleh : Habibi
Jum'at | 08-05-2015 | 16:45 WIB
stq-pinang.jpg Honda-Batam
Sekda Riono saat memberikan pembekalan kepada kontingen STQ Tanjungpinang yang akan berlaga di Natuna.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Kepri akan segera digelar pada 12-16 Mei mendatang di Kabupaten Natuna. Pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri sudah mempersiapkan segala hal penunjang pelaksanaan kegiatan di sana.

Setelah melewati serangkaian proses dan di Training Center, sebanyak 150 orang kafilah Kota Tanjungpinang siap diberangkatkan. Namun, perjalanan ke Natuna yang direncanakan menggunakan pesawat dari Lanudal, para kafilah terpaksa harus diberangkatkan menggunakan kapal, karena tidak mendapatkan izin dari Lanudal.

Terkait keberangkatan menggunakan kapal laut, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono menjelaskan Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah berupaya semaksimal mungkin.

Dua bulan sebelumnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Lanud Kota Tanjungpinang terkait izin menggunakan pesawat TNI. Dia mengatakan, sebelumnya pihak Lanud sudah memberikan izin.

"Namun mengingat banyak kejadian didunia penerbangan akhir-akhir ini, pihak Lanud memberi kabar bahwa sekarang pesawat TNI sudah tidak diizinkan lagi untuk mengangkut masyarakat sipil. Karena pesawat komersil pun terbatas, maka terpaksa kita berangkat menggunakan kapal laut," kata Riono saat ditemui di Hotel Sun Rise pada acara Penutupan Training Center sekaligus pelepasan kafilah Kota Tanjungpinang, Jumat (8/5/2015).

Kafilah sendiri akan diberangkatkan ke Natuna menggunakan kapal dari pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura pada Sabtu (9/5/2015). Walaupun menggunakan kapal laut namun kenyamanan dan kesehatan para kafilah wajib menjadi perhatian utama.

Dengan lamanya perjalanan yang lebih dari 13 jam, Riono mohon doa dan dukungan seluruh pihak untuk keselamatan para kafilah serta kelancaran pelaksanaan kegiatan disana.

"Kapalnya kita pilihkan kapal yang bukan dari fiber, karena rute yang dilewati kan lautan lepas. Tapi space-nya lumayan longgar dan masih sedikit lebih nyamanlah," ujar Riono.

"Jaga kesehatan, jangan lupa berlatih disaat luang, serta istirahat yang cukup. Yang tidak boleh dilupakan juga, jaga sikap, etika dan perbuatan selama di sana. Kafilah adalah duta Kota Tanjungpinang," tambahnya.

150 orang kafilah berangkat tersebut terdiri dari 16 orang peserta, 16 orang official, serta 118 orang yang merupakan gabungan panitia dan grup penggembira. Sementara itu, rangkaian acara yang akan diikuti diantaranya pawai ta’ruf pada tanggal 12 Mei pagi hari dan dilanjutkan dengan pembukaan bazaar dan pameran disore harinya. Setelah itu, malam harinya dilaksanakan pembukaan STQ ke VI tingkat Provinsi Kepri.

Riono juga berharap, jika pada STQ ke V di Kabupaten Karimun tahun lalu Kota Tanjungpinang menduduki peringkat ke-3, setidaknya prestasi tersebut dapat dipertahankan.

Editor: Dodo