Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Mantan Kapolda Kepri Dapat Promosi Jadi Kabareskim dan Kapolda Sumsel
Oleh : Surya Irawan
Jum'at | 01-07-2011 | 15:18 WIB
Sutarman-Luar1.jpg Honda-Batam

Irjen Pol Sutarman

Jakarta, Batamtoday - Dua mantan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri), Irjen Pol Sutarman dan Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur mendapat promosi pada peringatan HUT Bayangkara 1 Juli 2011. Irjen Pol Sutarman di promosikan menjadi Kabareskim menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi yang telah memasuki masa purna bakti dan Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur menjadi Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel).

Penunjukkan Sutarman tertuang dalam telegram Kapolri nomor STR 1334/VI/2011 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada 30 Juni 2011. Untuk mengisi posisi Kapolda Metro Jaya yang ditinggalkan Sutarman, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menunjuk Irjen Pol Untung Suhartono Rajab, sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur.

Sementara jabatan Kapolda Jawa Timur akan dipegang Irjen Pol Hadiatmoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bali. Lalu pos Kapolda Bali akan dijabat Irjen Pol Totoy Herawan Indra.

Dalam telegram Kapolri itu juga memuat rotasi beberapa perwira tinggi Polri. Di antaranya Asisten Operasi yang dijabat Irjen Pol Badrodin Haiti, Koordinator Staf Ahli Irjen Pol Edward Aritonang, Kapolda Jateng Didiek Sutomo Triwidodo, dan Wakil Inspektur Pengawasan Umum Irjen Pol Hasyim Irianto.

Kapolda Jawa Tengah yang semula diduduki oleh Irjen Edward Aritonang, kini digantikan oleh Irjen Didiek Sutomo Triwidodo. Sementara Edward diangkat dalam jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Kapolda Sumatera Selatan diduduki oleh Irjen Didik Mulyana Arief. Jabatan itu sebelumnya dipegang oleh Irjen Hasyim Irianto.

Selain jabatan Kapolda, dalam TR tersebut juga terdapat sejumlah jenderal lainnya yang dimutasi, seperti Irjen Badrodi Haiti yang semula menjabat sebagai Koorsahli Kapolri kini diangkat jadi Asops Kapolri.

Irjen Sunarko Danu Ardianto yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri dimutasikan jadi perwira tinggi dalam rangka pensiun. Begitu pula dengan Irjen Rismawan yang semula menjabat sebagai Wairwasum Mabes Polri dimutasikan sebagai perwira tinggi Polri dalam rangka pensiun.

Posisi Wairwasum digantikan oleh Irjen Hasyim Irianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Pelantikan terhadap Sutarman sebagai Kabareskim, Dikdik Mulayana Arief Mansyur dan jabatan baru perwira tinggi yang dimutai pada 30 Juni akan dilantik Kapolri pada Rabu (6/7) di Ruang Rupatama, Mabes Polri.