Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demonstran McDermott Ancam Tetap Mogok Hingga Tuntutannya Dipenuhi
Oleh : Hendra/magid
Selasa | 28-06-2011 | 10:46 WIB
Demo-McD.gif Honda-Batam

Aksi karyawan PT McDermott, Selasa, 29 Juni 2011. (Foto: Hendra)

Batam, batamtoday - Ribuan karyawan PT McDermott Indonesia mengancam akan melakukan aksi mogok kerja hingga tuntuan kenaikan gaji dan reformasi managemen direalisasikan. Tidak hanya itu, karyawan akan menggelar aksi yang lebih besar lagi jika tidak ada keputusan yang tegas dari managemen perusahaan.

Demikian disampaikan Koordinator Aksi, Ilham Lubis, saat ditemui batamtoday di sela aksi unjuk rasa karyawan PT McDermott Indonesia, Selasa, 28 Juni 2011.

"Kami akan menurunkan massa yang lebih besar dalam aksi berikutnya jika tuntutan ini tidak didengar. Kami merencanakan aksi pada tanggal 4 dan 5 Juli mendatang," ujarnya.

Menurut Ilham, dalam aksi kali ini, pihaknya menurunkan sekitar 80 persen dari total karyawan PT McDermot Indonesia yang diperkirakan berjumlah 3000-an perkerja. Direncanakan aksi pemogokan akan terus dilakukan, hingga ada keputusan yang jelas dari manajemen perusahaan.

"Kami tetap akan mogok, meski nantinya mereka (Manajemen PT McDermott Indonesia) merespon, bagi kami yang paling penting bukan sekedar respon dan janji semata, tapi realisasikan dalam bentuk keputusan yang jelas," tegas lelaki asal Sumatra Utara ini.

Dari pantauan batamtoday di PT McDermott yang berada di kawasan Batuampar, ribuan karyawan terlihat hanya duduk-duduk tanpa aktivitas seperti biasanya. Pemogokan kerja ini tergolong paling besar dalam sejarah berdirinya perusahaan bonafit asal Amerika ini di Batam.