Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

34 Desa di Karimun Belum Punya Perpustakaan
Oleh : Alrion/TN
Sabtu | 11-06-2011 | 10:23 WIB

Karimun, batamtoday - Sebanyak 34 desa dari 54 desa di wilayah Kabupaten Karimun belum mempunyai perpustakaan, sementara minat baca warga Karimun menunjukan tren meningkat.

Demikian dikatakan Kepala Perpustakaan Daerah Karimun, Indra Gunawan, kepada batamtoday hari ini, Sabtu 11 Juni 2011.

"Baru 21 Desa yang dilengkapi perpustakaan, 34 desa lainya belum. Tapi kita akan terus tingkatkan, sehingga semua desa di Karimun mempunyai perpustakaan," kata Indra.

Selaku kepala perpustakaan daerah, Indra mengatakan dirinya saat ini lebih fokus untuk menghadirkan perpustakaan di pulau-pulau terpencil, sehingga masyarakat disana, kata Indra, tetap dapat memperoleh informai dan ilmu pengetahuan dari buku yang tersedia di perpustakaan.

Mengenai jumlah judul buku yang ada di setiap perpustakaan, jelas Indra, sedikitnya ada 1.000 judul buku di setiap perpustakaan desa, namun bisa juga lebih, terdiri dari jenis buku pengetahuan umum, pengolahan jenis usaha, perikanan, pertanian dan peternakan, dan lain-lain.

Di Perpustakaan Daerah sendiri, kata Indra, saat ini ada sekitar 21.000 judul buku yang mencakup buku-buku pelajaran anak sekolah, pengetahuan umum, usaha, pengembangan diri, sejarah, dan juga Agama.

Indra mengatakan, minat baca masyarakat Karimun menunjukan tren meningkat, itu dapat terdeteksi dari dari jumlah pengunjung dan peminjam buku ke Perpustakaan yang setiap harinya mengalami peningkatan.

"Ya, saya pantau, minat baca masyarakat Karimun semakin meningkat, dan ini sangat positip, dan tinggal pemerintah perlu lagi menambah jumlah judul buku agar buku yang dihadirkan perpustakaan semakin variatif," pungkasnya.