Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanker BBM Ditangkap Polair Polda Kepri, 300 Ton Solar Diamankan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 22-09-2014 | 14:36 WIB
kapal_patroli_polisi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi kapal patroli polisi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Kepri, mengamankan satu kapal tanker MT Aspacesen di perairan Pulau Buluh pada Selasa (16/09/2014) pukul 14.30 WIB. Sebanyak 300 ton BBM jenis solar berhasil diamankan.

"Ya benar kita tangkap satu tanker bermuatan 300 ton solar di pulau Buluh saat kapal tengah transaksi," ujar Dirpolair Polda Kepri, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Hero Henrianto Bachtiar, Senin (22/9/2014).

Hero menyatakan tanker yang mengangkut 300 ton diamankan saat operasi rutin Polair. Saat ditangkap, Tanker Aspacesen tengah transaksi sehingga beberapa anggota untuk mengecek dokumen perlengkapan.

Saat di cek KM Aspacesen tidak memiliki izin Syahbandar untuk pemindahan solar. Lantas kapal serta kapten dan nakoda dibawa ke Polair Polda Kepri, Sekupang untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

"Mereka ini melakukan kegiatan pemindahan solar tanpa ada surat izin dari Syahbandar. Sementara  legalitas membawa BBM saat dikroscek Bea Cukai Batam dan sudah koordinasi dengan Migas semuanya dilengkapi dokumen hanya saja prosesnya yang ilegal," ujarnya.

Hero menambahkan sesuai peraturan Pasal 17 tahun 2008 no 216 juncto 22 tentang pelayaran.

"Kapten dan ABK tidak kita amankan karena ancaman hanya 6 bulan penjara," ujar Hero lagi.

Hero membantah penangkapan tanker Aspacesen terkait penangkapan kapal mini tanker milik Acai. "Kapal milik Acai masih dalam pengembangan karena baru kami tangkap," pungkasnya.

Editor: Dodo