Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Keluhkan Buruknya Pelayanan Puskesmas Busung
Oleh : Harjo
Senin | 22-09-2014 | 09:30 WIB
puskesmas_busung.jpg Honda-Batam
Puskesmas Busung.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Warga Desa Kuala Sempang dan Busung, Kecamatan Serikuala Lobam, mengeluhkan buruknya pelayanan kesehatan di Puskesmas Busung.

Warga mengeluh karena tidak adanya dokter dan kepala Puskesmas Busung, dr. Marina Sinaga yang pada beberapa bulan terakhir dan jarang sekali masuk kerja. Hal ini membuat warga yang datang berobat terhambat dan warga akhirnya terpaksa membeli obat di luar puskesmas.

"Kita ke Puskesmas mau berobat, tapi dokter tak ada. Kita tak tahu kemana. Kita akhirnya beli obat di luar atau di warung," ungkap Rizal, warga setempat, Minggu (21/9/2014).

Rizal berharap apabila dokter berhalangan, bisa menyampaikan atau meminta petugas kesehatan lainnya untuk memberikan pelayanan. Sehingga, warga tidak terkendala serta kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, apalagi kalau ada yang mengalami kondisi darurat.

"Kalau dokter berhalangan setidaknya ada pengganti, hingga warga bisa berobat. Karena kalau mau berobat di RSUD Tanjunguban, harus ada surat rujukan  dari Puskesmas," katanya.

Kepala Desa Busung Rusli yang dikonfirmasi mengatakan, dirinya tidak mendapatkan penyampaian alasan tidak masuknya para dokter tersebut. Rusli mengaku, hanya mendapatkan informasi, kalau kepala puskesmas Marina sedang cuti hamil karena akan melahirkan.

"Tak ada penyampaian juga. Saya hanya dapat info kalau tidak salah dr Marina lagi cuti hamil mau melahirkan. Nanti coba hubungi dia biar jelas," kata Rusli.

Kepala Puskesmas Busung, dr. Marina secara terpisah mengatakan dirinya memang sedang cuti hamil dan pelayanan kesehatan tidak mungkin terganggu karena ada dua orang dokter yang disiapkan di Puskesmas.

Selain itu untuk urusan administrasi, sudah dilimpahkan ke kepala tata usaha sehingga, pelayanan tidak terganggu. Apabila ada masalah dan keluhan bisa disampaikan ke kotak saran.

"Saya rasa sepanjang ini tetap ada pelayanan walaupun saya cuti. Tak ada pelayanan terganggu. Ada dua dokter selalu ditempat dan bergantian," kata Marina. 

Editor: Dodo