Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terkait Tenggelamnya Ponton di Pelabuhan Sri Bintan Pura

Pelindo Tanjungpinang Bantah Tak Lakukan Pemeliharaan
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 08-06-2011 | 13:28 WIB
ponton.gif Honda-Batam

Tenggelam - Inilah ponton Pelabuhan Sri Bintan Pura yang tenggelam pada Rabu dini hari tadi. (Foto: Charles)

Tanjungpinang, batamtoday - Daru Kusono, manajer teknik PT Pelindo cabang Tanjungpinang selaku pengelola Pelabuhan Sri Bintan Pura mengatakan ponton yang memiliki panjang 8x5 meter tersebut telah berusia 15 tahun, namun ia membantah bila disebut tidak ada perawatan maupun perbaikan.

"Selama ini ponton selalu kami rawat secara berkala," kata Daru kepada batamtoday, Rabu, 8 Juni 2011.

Daru menyatakan pihak Pelindo Tanjungpinang akan segera melakukan perbaikan terhadap ponton yang tenggelam itu dan diharapkan dalam dua hari ini telah dapat berfungsi normal kembali.

"Kami minta maaf atas kejadian ini," ujar Daru.

Seperti diberitakan sebelumnya, ponton beton tempat bersandarnya kapal ferry di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura Tanjungpinang tenggelam dan berakibat pada pelayanan di pelabuhan tersebut terganggu. Ponton beton diketahui tenggelam pada dini hari tadi, Rabu 8 Juni 2011, sekitar pukul 02.00 WIB.

Sumber batamtoday di Pelabuhan Sri Bintan Pura menyebutkan tenggelamnya ponton tersebut akibat tidak adanya perbaikan maupun pemeliharaan oleh PT Pelindo cabang Tanjungpinang.

"Terlebih, ponton yang ada di pelabuhan domestik. Sama sekali belum pernah diperbaiki dalam tiga bulan terakhir," ujar sumber tersebut.

Namun sumber menyebutkan untuk ponton di pelabuhan internasional telah mengalami perbaikan selama dua kali dalam tiga bulan ini termasuk melakukan penyedotan terhadap ponton-ponton tersebut.