Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Perumahan Cendana Tolak Pembangunan Tower SUTET
Oleh : Hadli
Rabu | 03-09-2014 | 12:17 WIB
galian_sutet.jpg Honda-Batam
Galian untuk pembangunan tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) yang ditolak warga Perumahan Cendana.

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Perumahan Cendana, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota menolak adanya pengerjaan galian untuk pembangunan tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET). Warga menghentikan aktivitas penggalian yang telah dilakukan dalam beberapa hari ini. 

"Tidak ada izin dari warga tiba-tiba saja sudah dikerjakan. Waktu mereka survei tahun lalu sudah kami tolak, tapi tetap saja kemarin turun kembali ke lokasi dan melakukan pekerjaan. Katanya penggalian kabel PLN, tak tahunya terakhir untuk tower SUTET," kata YD, warga sekitar di lokasi, Rabu (3/9/2014). 

Dia mengatakan sudah beberapa hari ini alat berat masuk dan melakukan pekerjaan penggalian. Namun, tambahnya,sehari pengerjaan langsung dihentikan Ketua RW 09, Perumahan Cendana. 

"Saya hentikan kemarin. Enak aja main gali tanpa ada izin warga. Tidak ada izin RT dan RW. Yang jelas izin sama warga tidak ada," kata Ketua RW 09 Cendana, Hery. 

Ia mengaku mengetahui adanya aktivitas tanpa izin setelah baru pulang dari luar kota. Setelah dihentikan kepada pekerja, dan kontraktor harus ada sosialisasi. Setelah itu kembali kepada warga. 

"Saya minta sama mereka kemarin harus ada sosialisasi kepada masyarakat, apa itu SUTET, dampaknya kepada warga apa? Berapa dayanya? Yang jelas belum ada izin dari warga," kata dia lagi. 

Sementara itu, Lurah Belian Aditya mengaku tidak mengetahui adanya pengerjaan tower tersebut. Sehingga agar jelas permasalahan pembangunan jelas, ia meminta semua perangkat RT dan RW Cendana, kontraktor, pihak PLN Batam dan BP Batam duduk besama menyelesaikan masalah ini. 

"Kita tak tahu, makanya kita minta semua pihak hadir juga malam ini," terangnya.

Editor: Dodo